Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Blitar Melalui Sektor Peternakan

Bekerja Mitra Pemuda Farm Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Malang Ekonomi Bisnis-Ekonomi Pembangunan
Konten dari Pengguna
14 Mei 2022 10:29
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Dimas Cahyo Risaldi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Blitar Melalui Sektor Peternakan (58103)
zoom-in-whitePerbesar
https://www.istockphoto.com/id/foto/peternakan-ayam-ayam-bertelur-di-kandang-baterai-peternakan-unggas-ayam-komersial-gm1189895416-337077870
Peningkatan Jumlah pengangguran akibat tingginya Natalitas selalu melonjak setiap tahunnya. Hal ini terbentuk karena tidak diimbangi dengan peningkatan lapangan pekerjaan yang tersedia. Tentunya masalah ini tidak dapat dibiarkan begitu saja tanpa adanya solusi yang jelas. Nah, berbeda cerita dengan masyarakat Kabupaten Blitar yang mampu mengurangi tingkat pengangguran di daerahnya dengan menciptakan lapangan kerja mandiri oleh masyarakat yang bersifat padat karya, yaitu di bidang peternakan. Peternakan merupakan bidang usaha yang cukup besar serta banyak menyerap tenaga kerja. Selain banyak yang bekerja sebagai petani, tidak sedikit masyarakat Kabupaten Blitar yang membuka usaha di sektor peternakan khususnya peternakan ayam petelur.
ADVERTISEMENT
Sejak tahun 2017 Sektor Peternakan Ayam Petelur ini dapat diandalkan dalam penyerapan tenaga kerja masyarakat Kabupaten Blitar karena mampu memberikan sumbangsih terhadap PDRB sebesar 39,48% dari total Sektor Perternakan dan 19,9% dari total PDRB serta telah menjadikan Kabupaten Blitar sebagai penghasil telur nomor satu di Provinsi Jawa Timur. Melalui subsektor peternakan banyak tenaga kerja yang terserap dan tidak sedikit pula para pekerja yang di PHK akibat masa pandemi kini menjadi pengusaha ternak.
Dengan banyaknya tenaga kerja yang diserap pada Subsektor Peternakan, tentunya akan memberikan hubungan timbal balik positif kepada peternak. Peternak lebih efisien waktu dengan hasil maksimal, sedangkan pekerja dapat memperoleh pekerjaan dan upah yang setimpal. Oleh karena itu, pekerja memiliki peranan sangat penting dalam proses keberhasilan ternak. Hal ini akan semakin solid dan kompleks jika ditunjang kualitas atau Sumber Daya Pekerja yang mampu menjalankan Standard Operating Procedure dengan efektif.
ADVERTISEMENT
Tidak sebatas itu, pekerja yang memiliki pemikiran yang kreatif serta inovatif tidak sebatas mencari pekerjaan dan upah saja. Melainkan meraka menjadikan pekerjaan sebagai media pembelajaran untuk membuka usaha sendiri di bidang peternakan khususnya Peternakan Ayam Petelur pada kemudian hari. Semakin meningkatnya kualitas pekerja maka semakin banyak pula tenaga kerja yang diserap dan angka pengangguran dapat ditekan.
Menurut saya kasus penangan pengangguran tidak sepenuhnya kita serahkan kepada pemerintah. Oleh karena itu kita sebagai Warga Negara yang aktif dan kreatif sudah sepatutnya mengambil langkah kecil demi perubahan yang besar di kemudian hari.
Terima kasih.