News
·
15 September 2021 12:46
·
waktu baca 1 menit

Video: Positivity Rate Corona di Indonesia Turun

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kasus virus corona di Indonesia turun dalam beberapa pekan terakhir. Di Jawa-Bali, kasus corona bahkan sudah turun 93 persen dari puncak gelombang kedua pada Juli 2021.
ADVERTISEMENT
Penurunan kasus konfirmasi corona harian itu pun diikuti oleh positivity rate yang terus melandai. Positivity rate merupakan rasio kasus positif COVID-19 terhadap jumlah tes individu yang dilakukan.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Pada 12 Maret 2021, positivity rate harian di Tanah Air bahkan menyentuh angka 2,14 persen. Capaian ini lebih rendah dari ambang batas aman 5 persen yang ditetapkan WHO.
Epidemiolog Unair Windhu Purnomo mengatakan, membaiknya situasi corona di Indonesia diduga akibat kekebalan alamiah yang sudah terbentuk. Hal itu diperkuat fakta bahwa vaksinasi corona masih jauh dari target 70 persen populasi. Sejauh ini, baru 19-20 persen yang menerima vaksinasi lengkap.
"Mungkin soal faktornya apa kalau dugaannya saya, tapi harus dibuktikan dengan survei, dugaan saya adalah kekebalan populasi akibat infeksi alamiah itu terjadi. Jadi kekebalan yang alamiah bukan karena vaksinasi," ujar Windhu saat berbincang dengan kumparan, Selasa (14/9).
ADVERTISEMENT