News
·
2 November 2020 23:51

Celaka, Memang, Jurnalisme Online Adalah Jurnalisme Judul

Konten ini diproduksi oleh Rizki Gaga
Celaka, Memang, Jurnalisme Online Adalah Jurnalisme Judul (54651)
Kredit foto: Michael Zimmermann (Pixabay)
Celaka, memang. Jurnalisme online adalah jurnalisme judul, bertempur di arena kecil layar ponsel yang belum tentu jadi pemenang. Tak jarang judul-judul dari wartawan hanya melintas tak dapat perhatian.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan membaca koran apalagi majalah yang mengharuskan ini: Membeli, memegang, duduk, membacanya dengan cermat. Dan dengan memegang itu ada bau kertas yang nikmat.
Bila konsentrasi adalah kunci, maka tinta yang tercetak di kertas-kertas itu akan membantu. Tinta yang membentuk huruf-huruf kecil itu menjadi wisata mata kita yang berjalan-jalan menitinya satu per satu.
Sebaliknya dalam dunia online, mata kita yang malah dituntun—digempur teks, dipamerkan foto, diputarkan video. Lelah atau tidak tergantung seberapa kuat layar ponsel melakukan refresh rate dan seberapa banyak iklan yang bikin mata tambah loyo.
Pak Dalipin selalu mengingatkan pentingnya judul. "Anda hanya punya satu kesempatan 'menembak' orang di rentang 15 detik, rentang waktu rata-rata pembaca menentukan mana berita yang mau diklik," kata beliau dalam kelas menulis redaksi kumparan jam 7 malam, 22 Januari 2018.
ADVERTISEMENT
Judul memang penting, tapi tulisan ini bukan berisi teknik membuat judul. Ini sekadar monolog. Tanpa konteks, bolehlah paragraf ini jadi epilog.