Tekno & Sains
·
13 Oktober 2021 21:49
·
waktu baca 5 menit

Peran PLTS pada Sistem Penerangan Jalan Umum

Konten ini diproduksi oleh Rizky Putri Adelina Harahap

Apakah listrik itu dapat dikatakan sebagai kebutuhan pokok bagi setiap orang?

Peran PLTS pada Sistem Penerangan Jalan Umum (116926)
searchPerbesar
https://unsplash.com/photos/B6EiPRSFoxs
Kita pasti tahu bahwa kebutuhan energi listrik sangat penting bagi aktivitas warga desa dalam meningkatkan produktivitas kerja dan pendidikan. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, pemenuhan akan energi listrik merupakan masalah besar. Oleh karena jaringan listrik PLN belum menjangkau daerah tersebut, sehingga solusi yang paling tepat untuk kita mengatasi ketiadaan energi listrik di daerah adalah dengan mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik menggunakan teknologi photovoltaic (Sel Surya).
ADVERTISEMENT
Sistem penyediaan energi listrik dengan sistem ini disebut Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Saat ini PLTS masih digolongkan sebagai pembangkit listrik dengan investasi awal yang mahal, Oleh karena itu, pemasangan PLTS lebih diutamakan untuk penerangan. Untuk keperluan tersebut penggunaan lampu yang memerlukan daya rendah sangatlah penting. Lampu light Emitting Diode (LED) DC hemat energi merupakan salah satu solusi yang dapat kita terapkan untuk mengatasi masalah penerangan di daerah terpencil yang mendapat suplai energi dari PLTS. Dengan adanya penerangan dapat menunjang aktivitas sosial, ekonomi dan pendidikan kita terutama pada malam hari.
PJU (Penerangan Jalan Umum) Tenaga Surya merupakan penerangan jalan umum di mana daya listriknya untuk lampu disuplai oleh sistem mandiri yang diperoleh dari energi matahari. Penerangan Jalan Tenaga Surya merupakan sebuah alternatif yang murah dan hemat untuk kita gunakan sebagai sumber listrik penerangan karena menggunakan sumber energi gratis dan tak terbatas dari alam yaitu energi matahari. Menggunakan modul/panel surya dengan lifetime hingga 25 tahun yang berfungsi menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi listrik melalui proses photovoltaic. Kemudian disimpan di baterai sehingga kita tidak memerlukan suplai dari PLN, secara otomatis dapat mulai menyala pada sore hari dan padam pada pagi hari dengan perawatan yang mudah dan efisien selama bertahun tahun.
ADVERTISEMENT
Secara keseluruhan sistem ini dirancang untuk penyediaan cahaya penerangan umum dengan sumber energi terbarukan, bebas biaya perawatan dan berumur ekonomis lama. Lampu penerangan ialah salah satu kebutuhan yang sangat kita butuhkan untuk sebuah tempat. PJU atau penerangan jalan umum dapat membantu membuat sebuah tempat menjadi lebih terang dan hidup. Jenis ini sudah banyak kita gunakan di banyak daerah baik di desa maupun di kota besar yang ada di Indonesia. Jenis lampu tersebut lebih efektif dan efisien karena menggunakan bantuan cahaya matahari untuk bisa berfungsi. Pada jenis lampu ini terdapat beberapa bagian penting yang menjadi komponen pelengkap yang membuat fungsinya bisa berjalan.
Pusat dari lampu ini ialah panel surya yang memiliki fungsi utama. Selain itu, ada pula komponen lain yang memiliki fungsi masing-masing untuk membantu fungsi utama dari komponen tadi. Beberapa komponen utama yang ada pada lampu PJU tenaga surya.
ADVERTISEMENT
1. Controller (Solar Charge Controller)
Controller ini memiliki fungsi untuk mengatur energi surya yang didapatkan dari panel. Energi ini kemudian akan disimpan pada bagian baterai yang ada pada bagian lampu tersebut. Pada bagian ini terdapat pengaturan arus listrik dengan searah (DC) serta pengaturan kelebihan daya pada saat proses pengisian baterai. Bagian ini juga sering disebut dengan pengontrol baterai karena bisa mengontrol kelebihan voltase pada panel surya yang berdampak terhadap daya baterai. Setiap lampu PJU tenaga surya ini pasti memiliki komponen ini karena sangat penting untuk bisa membuat panel berfungsi dengan baik.
2. Baterai
Komponen yang satu ini pasti akan digunakan pada jenis lampu ini agar bisa berjalan dengan baik sesuai fungsinya. Fungsi utamanya ialah menyimpan energi listrik yang diperolehnya melalui bantuan panel yang digunakan. Kapasitas yang dimilikinya akan disesuaikan dengan ukurannya dengan satuan watt dari panel yang digunakan.
ADVERTISEMENT
Baterai ini harus bisa memenuhi daya pada waktu satu hari. Hal ini akan membantu kerja panel surya menjadi maksimal karena energi yang dihasilkannya bisa disimpan dengan baik. Dengan begitu, tentu saja lampu PJU ini akan memiliki stok energi yang tersimpan dengan baik pada baterai.
3. Lampu LED
Komponen yang tak kalah pentingnya lagi pada lampu PJU ini ialah lampu LED. Hasil dari sistem kerja pada setiap komponen yang ada di dalamnya akan terlihat dari lampu ini. Apa pun jenis PJU yang kita gunakan pasti menggunakan jenis lampu ini. Fungsi utamanya ialah menekan biaya serta menyuplai energi listrik menjadi lebih hemat.
Jika dibanding dengan jenis lampu biasa maka daya listrik yang digunakan bisa lebih banyak dan boros. Itu artinya, biaya yang perlu dikeluarkan tentu saja akan lebih banyak. Hal inilah yang menjadi pertimbangan lampu PJU lebih menggunakan lampu LED. Selain itu, efisiensinya didukung oleh tenaga surya sebagai sumber dayanya.
ADVERTISEMENT
4. Panel Surya
Terakhir, komponen ini menjadi bagian yang sangat penting bagi kita. Tenaga surya dapat diserap dan kemudian diubah menjadi energi listrik pada bagian ini. Energi pada matahari mengandung komponen dalam bentuk foton. Saat foton mengenai permukaannya, elektron akan tereksitasi dan akan menimbulkan aliran listrik (fotolvoltaic).
Panel ini menjadi penentu berjalannya fungsi dari lampu ini karena sumber tenaga bisa diperoleh melalui alat ini. Jika tak ada komponen ini maka lampu tersebut tidak akan berfungsi sama sekali karena tidak dapat memperoleh energi matahari dengan baik. Penggunaan komponen ini bersifat wajib dan harus selalu ada dalam jenis lampu ini.
Komponen-komponen ini berperan penting untuk menghasilkan cahaya yang dipancarkan melalui lampu LED. Setiap komponen tentu terbuat dari material berkualitas yang dibuat khusus untuk lampu tersebut. Jika terdapat kerusakan pada salah satu dari komponen tersebut maka komponen tersebut bisa diganti secara terpisah karena setiap komponen tersusun pada rangkaian yang menyatu. Komponen utama yang harus ada pada lampu ini dan menjadi penentu berfungsinya lampu ini adalah panel surya. Namun, di samping itu setiap komponen yang ada pun sama-sama penting dan saling mendukung berjalannya fungsi dari lampu PJU tenaga surya bagi kita semua.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020