• 1

10 Tahun Lalu: Gol “Roket” Paul Scholes di Villa Park

10 Tahun Lalu: Gol “Roket” Paul Scholes di Villa Park



Paul Scholes

Paul Scholes dipeluk rekan setimnya, Gary Neville, usai mencetak gol ke gawang Aston Villa. (Foto: Stu Forster/Getty Images)

Tepat hari ini, 10 tahun yang lalu, Paul Scholes mencetak gol spektakuler di Villa Park. Boom!
Paul Scholes, eks-gelandang Manchester United dengan julukan The Ginger Prince itu, memang terkenal punya sepakan keras. Tidak sekadar keras, sepakan Scholes —yang memang berteknik mumpuni— juga akurat.
Tidak heran, dengan teknik yang di atas rata-rata itu, ia mendapatkan banyak pujian dari figur terkemuka di sepak bola Eropa. Mulai dari Zinedine Zidane hingga Pep Guardiola mengakui kehebatannya. Anak-anak di akademi Barcelona, La Masia, bahkan diperlihatkan bagaimana video caranya bermain.
Scholes awalnya bermain sebagai gelandang serang. Namun, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, posisi bermainnya menjadi lebih dalam. Ketika usianya menginjak kepala tiga, ia lebih sering bermain sebagai gelandang tengah.
Dari posisi yang lebih dalam, Scholes leluasa untuk melepaskan operan-operan ke mana pun yang ia mau. Sisanya tinggal diserahkan rekan-rekannya yang lebih muda untuk mengejar operan-operan yang ia lepas.
Satu atau dua umpan panjang, serta beberapa umpan terobosan langsung dari tengah, sudah menjadi pemandangan biasa ketika Scholes bermain.
Namun, seperti dikatakan sutradara terkenal, Danny Boyle, dalam dokumenter Class of ’92, ada satu trademark Scholes yang selalu terbenam di benak orang-orang: momen di mana dia tiba-tiba datang dari second line dan menyambar bola yang baru melontar keluar dari kotak penalti.


Dan itulah yang terjadi pada malam 23 Desember 2006 di Villa Park. United sedang bertanding melawan si empunya stadion, Aston Villa, dan sudah unggul 1-0 lewat gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-58.
Pada menit ke-64, United mendapatkan sepak pojok. Tendangan penjuru tersebut dieksekusi oleh Ryan Giggs dan melambung masuk ke dalam kotak penalti Villa, sebelum akhirnya dihalau oleh pemain tuan rumah.
Di sinilah Scholes berperan. Bola yang baru keluar dari kotak penalti itu jatuh tepat di depannya. Tanpa buang-buang waktu, ia langsung menghantamkan bola ke sudut atas gawang dengan kaki kanannya. Bola sempat mengenai tiang, tapi kemudian memantul masuk ke gawang yang dikawal Gabor Kiraly.
Melihat gol itu, komentator pertandingan sempat tercekat selama sepersekian detik, sebelum akhirnya sadar akan tugasnya untuk berkomentar dan menyerukan: “Paul Scholes!”

SportsSepak BolaLiga InggrisManchester UnitedPaul Scholes

500

Baca Lainnya