• 4

'Jangan Saya, Mas... Yang Lain Dulu Saja'

'Jangan Saya, Mas... Yang Lain Dulu Saja'



Timnas Indonesia

Timnas Indonesia gelar latihan ringan jelang laga final melawan Thailand (Foto: Aditia Noviansyah)
"Jangan saya, mas...  yang lain dulu saja," ucapan ini dilontarkan oleh kiper Timnas Indonesia, Teja Paku Alam. Saya mendekatinya untuk bertanya satu atau dua hal kepada kiper milik Sriwijaya FC itu. Tapi, begitulah jawabannya.
Teja bukannya tidak mau menjawab pertanyaan yang saya lontarkan. Ketika saya mendekatinya di Hotel Emerald, hotel tempat 'Skuat Garuda' menginap, Teja sedang bersantai. Tapi, apa boleh buat, instruksi dari Alfred Riedl, sang pelatih, tidak memperbolehkan para pemain untuk berbicara dengan media sebelum pertandingan.
Ketika penggawa Timnas Indonesia hendak berangkat menuju masjid untuk melaksanakan ibadah Shalat Jumat pun beberapa pemain menolak untuk diwawancarai dan langsung buru-buru masuk ke mobil.  Beruntung, Gunawan Dwi Cahyo dan Rizky Pora sempat bersedia menjawab beberapa pertanyaan saya dan wartawan lain walau cuma sebentar dan sedikit.
Soal dilarangnya para pemain berbicara pun terlihat dari konferensi pers sebelum pertandingan. Pada konferensi pers yang berlangsung Jumat (16/12/2016) kemarin, tak ada satu pun pemain yang turut serta menemani Riedl di hadapan media. 
Hal ini menarik, karena pada laga-laga sebelumnya, selalu ada seorang pemain yang ikut dalam konferensi pers. Termasuk pada laga final leg pertama lalu. Kala itu Riedl datang bersama dengan Bayu Gatra dalam konferensi pers yang berlangsung di Hotel Aston Lake, Bogor.

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia gelar latihan ringan jelang laga final melawan Thailand (Foto: Aditia Noviansyah)

Tapi Asisten Pelatih Timnas Indonesia,  Wolfgang Pikal,  menyebutkan jika tak adanya pemain yang turut serta dalam konferensi pers tersebut adalah karena hal itu tak diwajibkan oleh pihak AFF sebagai penyelenggara.
"AFF tidak mewajibkan pemain untuk ikut konferensi pers. Jadi tidak ada yang ikut.  Kalau disuruh wajib,  pasti ada pemain yang ikut," ujar Pikal kepada kumparan.
Namun di satu sisi, bungkamnya para pemain Indonesia ini sepertinya adalah sebuah hal yang telah diatur.  Karena di laga-laga sebelumnya pun, pemain-pemain Indonesia juga irit bicara di hari-hari sebelum pertandingan, terutama sebelum dan sesudah latihan resmi.
Riedl sendiri mengatakan, dia ingin pemainnya fokus untuk pada final leg II yang akan dihelat di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016) ini. Sesampainya di Bangkok pun, dia menginstruksikan pemain-pemainnya untuk beristirahat.


Sepak BolaPiala AFF 2016Timnas Indonesia

500

Baca Lainnya