• 1

Kami Mengingat Hari Ini Untukmu, Lord Bendtner

Kami Mengingat Hari Ini Untukmu, Lord Bendtner



Nicklas Bendtner

Nicklas Bendtner ketika masih berkostum Arsenal. (Foto: Laurence Griffiths/Getty Images)

Nicklas Bendtner, ah… Nicklas Bendtner. Lord Bendtner, kita menjulukinya.
Pernah, pada suatu masa, Bendtner merasa dirinya ada di puncak dunia. Dengan kepercayaan diri selangit, dia pernah berucap: “Saya ingin menjadi salah satu striker terbaik di dunia. Percaya sama saya, itu akan terjadi.”
Apes bagi Bendtner, kariernya yang tidak cemerlang, baik di klub maupun negara, kerap menjadi bahan candaan dengan menyanjung-nyanjungnya, layaknya ia adalah legenda sepak bola. Namun, sebenarnya, di balik olokan tersebut terdapat penghargaan yang bisa disematkan untuk pemain berkebangsaan Denmark itu.: Ia memegang rekor gol tercepat yang pernah dicetak seorang pemain pengganti pada sebuah laga Premier League.
Sembilan tahun silam, pada 22 Desember 2007, Arsenal kedatangan tamu sekota —sekaligus musuh bebuyutan dan rival menyebalkan— Tottenham Hotspur, di Emirates Stadium. Laga berjalan dengan ketat, seiring Emmanuel Adebayor membuka keunggulan The Gunners di awal babak kedua, lalu disamakan oleh striker The Lilywhites, Dimitar Berbatov. Tak hanya ketat, laga tersebut juga berlangsung panas layaknya derby London Utara pada edisi sebelum-sebelumnya.
Gol Adebayor tercipta pada menit ke-48. Cesc Fabregas menjadi arsiteknya dengan melepaskan umpan backheel kepada Adebayor. Tanpa pikir panjang, penyerang Tim Nasional Togo itu melepaskan tendang keras yang menaklukkan Paul Robinson.
Spurs membalasnya tidak sampai 20 menit kemudian. Berbatov, yang menguasai operan dari Robbie Keane, menaklukkan kiper Manuel Almunia melalui tiang dekat. Spurs seharusnya mendapat kesempatan untuk menggandakan kedudukan di menit ke-71, tetapi Keane gagal memaksimalkannya; ia menjadi algojo penalti Spurs setelah Kolo Toure melakukan pelanggaran di kotak penalti, tetapi tendangannya terlalu lemah sehingga mampu diantisipasi oleh Almunia.


Berselang tiga menit, Bendtner benar-benar menghukum kegagalan Keane. Masuk menggantikan Emmanuel Eboue, Bendtner yang baru menginjakkan kaki di lapangan langsung berlari ke kotak penalti Spurs.
Saat itulah, Fabregas melambungkan umpan menggunakan kaki kanan yang langsung disambar oleh Bendtner dengan kepalanya. Bola berhasil mengoyak gawang Robinson dan membalikkan keadaan hanya dalam waktu 6 detik setelah Bendtner masuk.
Gol tercepat Bendtner sebagai pemain pengganti itu sekaligus mengunci kemenangan Arsenal.
Well done, Lord.

SportsSepak BolaLiga InggrisArsenalNicklas Bendtner

500

Baca Lainnya