• 2

'Lari-Lari Kecil' Timnas Indonesia Sebelum Terjun ke Final

'Lari-Lari Kecil' Timnas Indonesia Sebelum Terjun ke Final



Timnas Indonesia

Timnas Indonesia gelar latihan ringan jelang laga final melawan Thailand (Foto: Aditia Noviansyah)

Hanya beberapa jam sebelum laga final leg kedua Piala AFF 2016 berlangsung di Stadion Rajamangala,  Bangkok, Tim Nasional Indonesia melakukan "pemanasan".  Bertempat di Lapangan Futsal Soccer Master yang bersebelahan dengan hotel mereka menginap, para pemain menggelar latihan. 
Diawali  dengan berjalan kaki dari lobi hotel, di sepanjang perjalanan itu terlihat raut wajah tanpa beban dari para pemain. Bahkan di dalam perjalanan itu, beberapa pemain masih sempat bercanda.  Menertawakan hal ini-itu sembari berjalan.
Raut wajah tanpa beban dan riang dengan canda itu jelas adalah pertanda baik. Ditambah lagi,  pada saat sarapan satu jam sebelum berangkat latihan, para pemain tengah bersukacita merayakan hari ulang tahun salah satu dari mereka,  Manahati Lestusen.  Ya,  pemain serba-bisa itu berulang tahun yang ke-22 tepat di hari Sabtu (17/12/2016) ini. Sebuah kue pun dipersembahkan dari rekan-rekan maupun staf pelatih untuknya.
00:00:00/00:00:00

Timnas Indonesia
"Semoga kadonya kami bisa menjadi juara Piala AFF nanti malam, " ujar Manahati menyampaikan harapan ketika ditanya awak media. 
Ketika latihan di mulai,  wajah tanpa beban itu belum hilang.  Beberapa canda pun terlontar ketika mereka melakukan pemanasan berlari putar-balik di dalam lapangan.  Ditambah lagi,  ketika sesi latihan berubah menjadi permainan tangkap bola. Riangnya para pemain semakin terlihat jelas. 
Beberapa pemain saling bercanda dan melepas tawa, keseruan terlihat dari aksi tangkap bola yang dibagi ke dalam dua tim itu.  Masing-masing tim terkadang terlihat saling ejek, terutama ketika salah satu tim kalah cepat dalam sesi permainan itu.  Tapi kurang dari setengah jam,  latihan telah berakhir.
00:00:00/00:00:00

Timnas Indonesia
Asisten Pelatih Timnas Indonesia,  Wolfgang Pikal,  yang memimpin latihan tersebut, menyebut bahwa latihan hanya dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kekompakan para pemain menjelang laga malam nanti. Oleh karenanya, latihan bersifat "senang-senang" dan tidak berat. 
"Mental para pemain sudah bagus. Pemain juga senang dan bahkan selalu senang. Cuma fisik saja yang perlu ditambah kebugarannya, karena itu latihan ini ada," kata Pikal. 
Latihan berakhir,  para pemain beserta jajaran pelatih kembali ke hotel tempat mereka menginap. Di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/12/2016) malam, perjuangan untuk mendapatkan gelar juara pertama Piala AFF akan dilakoni.

Piala AFF 2016Timnas IndonesiaSepak Bola

500

Baca Lainnya