• 1

Prediksi Lini Belakang Milan Pasca-Kedatangan Bonucci

Prediksi Lini Belakang Milan Pasca-Kedatangan Bonucci


Barzagli, Bonucci, Mandzukic.

Trio BBM: Barzagli, Bonucci, Mandzukic. (Foto: Reuters/Sergio Perez)

AC Milan menghadirkan kejutan dengan membajak Leonardo Bonucci dari Juventus. Kehadiran Bonucci bakal mendatangkan angin segar bagi lini pertahanan Rossoneri.
Kini Vincenzo Montella bisa meyakinkan Donnarumma bahwa dia takkan menyesal telah menandatangani perpanjangan kontrak bersama kesebelasan asal "Kota Mode" itu.
Alasannya, Montella bukan cuma menggaet Bonucci saja. Sebelumnya sudah ada Ricardo Rodriguez, Mateo Musacchio, dan Andrea Conti yang lebih dulu mendarat sebagai personel baru di sektor belakang.
Sementara Bonucci tidak mungkin tidak diturunkan sebagi bek utama Milan, lantas yang jadi pertanyaan, siapa yang bakal menemaninya dalam barisan pertahanan Milan?

Baca Juga :


    Eliminasi Skuat Lawas
    Musim lalu, Montella lebih dominan menerapkan pakem 4-3-3 dengan intensitas sebanyak 34 kali. Sementara format tiga bek hanya sekali dimainkan oleh mantan pelatih Fiorentina itu. Sampai di sini terlihat bahwa Bonucci bakal jarang bemain dalam sistem tiga bek yang relatif rutin dimainkannya bersama Juventus.
    Tapi tak jadi soal, pasalnya Juventus, kala Bonucci masih menjadi pemain di sana, telah beralih ke pakem dasar 4-2-3-1 kendati tetap ber-transfromasi ke formasi 3-5-2 apabila dibutuhkan.
    Sekarang yang jadi soal adalah bagaimana memaksimalkan skuat yang ada. Hadirnya empat pemain anyar di sektor belakang membuat Montella kebanjran opsi.
    Seperti diketahui, Alessio Romagnoli, Davide Calabria, Mattia De Sciglio, Gustavo Gómez, Leonel Vangioni, Cristian Zapata, Gabriel Paletta, Luca Antonelli, dan Ignazio Abate masih terdaftar sebagai penggawa Milan.
    Tentu saja Montella harus menumbalkan beberapa pemainnya. Lima nama yang disebut terakhir mesti diasingkan dari skuat utama. Zapata, Gomez, Vangioni dan Antonelli, lebih dulu dicoret karena bukan bagian dari skuat reguler Milan musim lalu. Sementara Paletta tak cukup efektif karena telah lima kali mendapatkan kartu merah di Serie A edisi terakhir.


    Untuk Abate, dirinya memang cukup banyak mengantongi laga dengan total 26 pertandingan di semua ajang. Akan tetapi, pos full-back kanan lebih ideal diisi oleh Conti yang terbukti moncer kala sukses menyarangkan 8 gol dan 5 assist bersama Atalanta.
    Tiga kandidat tersisa adalah Romagnoli, Calabria, dan De Sciglio. Posisinya kemungkinan masih bisa dikompromikan dengan kedatangan muka-muka baru Milan. Romagnoli kini semakin percaya diri setelah diturunkan dalam 30 laga di ajang domestik. Calabria lebih oke lagi, meski cuma turun 12 kali di Serie A, pemain yang baru berusia 20 tahun itu menjadi pemain Milan yang paling aktif dalam melakukan aksi bertahan. Menurut catatan WhoScored, ia membuat rataan 3,3 tekel dan 1,8 intersep per laga.
    Sedangkan di sektor full-back De Sciglio kemungkinan besar masih akan difungsikan mengingat dirinya merupakan tipikal pemain versatile (serba-bisa). Tapi dengan catatan, pemain yang kabarnya diminati Juve itu tak dilepas oleh manajemen Milan.
    Skuat Baru
    Jika Bonucci akan mengisi pos bek tengah dan Conti bakal beroperasi sebagai full-back kanan. Maka, Rodriguez akan mengisi sisi sebaliknya. Sebagai pemain yang agresif, sosoknya dibutuhkan untuk mengekspolitasi sayap kanan lawan. Dua gol dan tiga assist yang disumbangkannya untuk Wolfsburg di Bundesliga 2016/2017 jadi bukti kontribusinya di lini serang.

    Formasi Milan

    4-3-3 A. (Foto: Billi Pasha/kumparan)

    Formasi Milan

    4-3-3 B (Foto: Billi Pasha/kumparan)

    Sementara Musacchio bisa dijadikan opsi jika Montella mencanangkan skema tiga bek. Romagnoli diperkirakan masih akan menjadi prioritas dalam skuat inti karena keunggulannya dalam mendistribusikan bola.

    Formasi Milan

    3-4-3 A (Foto: Billi Pasha/kumparan)

    Formasi Milan

    3-4-3 B (Foto: Billi Pasha/kumparan)

    Pertimbagannya lainnya adalah catatan tekel dan intersep Musacchio yang tak terlalu mentereng. Selain itu faktor adaptasi membuat Romagnoli jadi pilihan aman bagi Montella demi menjaga stabilitas di lini pertahanan.
    Tapi bukan berarti pembelian Musacchio mubadzir, pengalaman pemain asal Argentina itu bakal jadi pelengkap dari Romagnoli maupun Calabria yang relatif masih hijau.


    Sepak BolaLiga ItaliaAC MilanLeonardo Bonucci

    500

    Baca Lainnya