• 2

Timnas: Bonus Sudah, Selanjutnya Apa?

Timnas: Bonus Sudah, Selanjutnya Apa?



Sambutan Presiden Jokowi kepada Timnas

Presiden Jokowi menyambut hangat kedatangan timnas di Istana Merdeka (Foto: Yudhistira Amran Saleh)
Senin, 19 Desember 2016, pada pukul 12.12 WIB ketika Jakarta sedang diguyur hujan, Timnas Indonesia tiba di Istana Merdeka. Ini adalah hari kedua mereka di Jakarta setelah pulang dari Bangkok, Thailand.
Di kota di pinggir sungai Chao Phraya itu, ‘Skuat Garuda’ menderita kekalahan. Sempat menang 2-1 pada final leg I di Stadion Pakansari, Cibinong, Boaz Solossa dkk. kemudian kalah 0-2. Trofi juara melayang.
Kendati kalah di final, Timnas Indonesia tetap disambut sebagai pahlawan. Tepuk tangan meriah menyambut para pemain ketika mereka memasuki ruangan untuk menemui Presiden Jokowi.
Bonus besar diberikan Jokowi; Rp 200 juta per pemain, sama dengan bonus peraih medali emas SEA Games 2015 —pergelaran, yang sama seperti Piala AFF, masih berada di level ASEAN.
"Presiden mengundang kami. Presiden mengucapkan apresiasi kepada PSSI dan kepada pemain bola khususnya. Itu yang pertama. Yang kedua, beliau memberikan apresiasinya itu berbentuk bonus, materi. Rp 200 (juta) per pemain. Rata termasuk coach," kata Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.
Bonus sudah, lalu selanjutnya apa? Dengan SEA Games 2017, yang akan dihelat pada 5 Agustus tahun depan, Jokowi meminta tim yang akan diterjunkan di ajang tersebut dipersiapkan sebaik-baiknya.

Suporter Timnas Indonesia

Suporter Timnas Indonesia datang jauh-jauh dari Jakarta untuk mendukung Boaz Solossa dkk. di Bangkok. (Foto: Bergas Agung/kumparan)
"Yang kedua beliau memintakan ke depan harus lebih terencana dan lebih bisa menjawab kebesaran nama bangsa ini dari segi pesepakbolaan. Berarti manajemen pembinaan dan manajemen pelatihan," lanjut dia.
Jokowi pun meminta agar Timnas Indonesia fokus ke pertandingan selanjutnya. "Itu lebih difokuskan untuk mengejar yang terdekat adalah di Sea Games pada tanggal 5 Agustus 2017 dan Asian Games juga di bulan Agustus 2018," tutur Edy.
Sebanyak 23 pemain serta pelatih menghadiri jamuan santap siang dengan Presiden tersebut. Saat menerima timnas, Jokowi didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.
Salah satu pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansah, bahkan sempat mengungkapkan kesan-kesannya setelah bertemu Presiden.
"Perhatian beliau itu sangat istimewa sekali buat saya. Apalagi beliau ngasih bonus kepada kami. Saya sangat terima kasih kepada bapak presiden dan Ketua PSSI. Mungkin kita persiapan harus cukup bagus," kata Andik.
00:00:00/00:00:00

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi
"Persiapan memang sangat dibutuhkan tapi semua tergantung pelatih. Saya yakin Insya Allah ini bisa juara. Harapannya kita harus mengembalikan peringkat FIFA," lanjut dia.
Pada kesempatan ini, Andik pun mengungkapkan kepada Jokowi untuk memperkerjakan anggota timnas bila sudah pensiun. Mengingat karier sebagai pemain sepak bola tidak bisa dilakoni sampai tua.
"Beliau nanya masa depan. Saya menyampaikan, umur sepak bola kan terbatas. Saya minta bekerja tetap di daerah masing-masing. Mungkin di Dikpora dan saya yakin atlet lebih semangat lagi," harap Andik.

Timnas IndonesiaPiala AFF 2016Sepak Bola

500

Baca Lainnya