Manfaat Daun kelor Efektif Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi

Dosen spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Konten dari Pengguna
21 Januari 2022 14:31
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Prima Trisna Aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Solo – Daun kelor semenjak dahulu sudah menjadi tradisi nenek moyang untuk pengobatan. Salah satunya adalah untuk pengobatan segala penyakit dari Diabetes, jantung, kolesterol dll. Seiring berjalannya zaman ternyata hal tersebut sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan peneliti zaman sekarang. Manfaat daun kelor ternyata sangat luar biasa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
Dosen Spesialis Medikal Bedah ketika memberikan Seminar di SMPN Sukoharjo
zoom-in-whitePerbesar
Dosen Spesialis Medikal Bedah ketika memberikan Seminar di SMPN Sukoharjo
Selama ini daun kelor diidentikan dengan masalah ghaib dan mistis. Tapi kenyataannya Daun kelor memiliki fakta ilmiah yang baik untuk kesehatan. Manfata daun Kelor antara lain : Merawat rambut dan kulit, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan manfaat terbaru yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi Daun kelor adalah bisa menurunkan Tekanan Darah.
ADVERTISEMENT
Menurut Penelitian dari Destini tahun 2021 dengan judul “Rebusan Daun kelor berpengaruh terhadap Tekanan darah pada Penderita Hipertensi” menunjukkan bahwa dari Penelitian sampel sebanyak 25 orang penderita Hipertensi pada bulan Januari 2021 didapatkan hasil penelitian dengan Uji Wilcoxon dengan nilai p = 0,000 < 0,05 artinya bahwa ada pengaruh rebusan daun kelor terhadap penurunan tekanan darah setelah dilakukan intervensi Pemberian Rebusan Daun Kelor pada penderita Hipertensi.
Daun Kelor memiliki kandungan yang bernama quercetin yang beperan dalam menurunkan tekanan darah pada penderita Hipertensi. Di dalam daun kelor juga banyak mengandung kalium dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh terutama bagi penderita Hipertensi. Selain itu manfaat Daun Kelor juga bagus dikonsumsi untuk orang Sehat karena bisa tetap mengontrol tekanan darah supaya tidak terjadi peningkatan tekanan darah yang berlebih. Hal ini tentunya dikonsumsi sesuai dosis yang sudah ditetapkan.
ADVERTISEMENT
Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa Manfaat Daun Kelor sangat bagus untuk kesehatan. Hanya saja untuk cara mengkonsumsinya harus sesuai dosis dan tidak boleh berlebihan. Dikarenakan apabila mengkonsumsi Daun kelor secara berlebihan akan menimbulkan efek samping bagi tubuh itu sendiri. Salah satunya bagi penderita Diabetes yang juga menerima terapi Insulin apabila dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan terjadinya Hipoglikemia. Sedangkan pada penderita Hipertensi apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat kimia farmakologis ACE inhibitor bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang drastis dan terjadi Hipotensi. Untuk itu pentingnya juga berkonsultasi dengan Dokter, Ucap Prima Trisna Aji kepada wartawan media Online. *Red
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·