Wisata Long Trip di Pantai BKK Gunung Kidul

Konten dari Pengguna
13 Februari 2022 13:57 WIB
Tulisan dari Prima Trisna Aji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Solo – Pantai BKK Gunung Kidul merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki keindahan Pantainya serta keindahan alam ketika kita melakukan perjalanan menuju ke Pantai Gunung Kidul. Selain pantainya yang indah ternyata harga tiket masuk menuju Pantai BKK Gunung Kidul pun terbilang murah hanya sebesar Rp.10.000,- per orang. Kali ini kita akan melakukan review long Trip wisata di Pantai Gunung Kidul yaitu : Pantai Siung, Pantai Nglambor, Pantai Indrayanti, Pantai Sundak dan Pantai Baron Gunung Kidul.
Kali ini kita melakukan pemberangkatan menuju ke Pantai Gunung Kidul dari kota Klaten tepatnya diwilayah Wonosari Klaten Jawa Tengah. Kali ini kita perjalanan memakai kendaraan sepeda motor sekalian untuk menikmati keindahan alam perjalanan menuju ke Pantai Gunung Kidul Yogyakarta. Perjalanan menuju Pantai BKK Gunung Kidul dimulai dari Wonosari klaten berangkat melalui rute Desa Boto – Dawukan – Pedan – Cawas – Gunung Kidul – Pantai BKK. Dalam perjalanan kita menyempatkan mampir di Pasar Gunung Kidul untuk membeli kuliner khas yaitu Cilok di Pasar tersebut. Ciri khas Cilok di Pasar Gunung Kidul dagingnya ayam, lembut, rasanya merasuk bumbunya, kemudian saosnya ada campuran bumbu gurih.
Keindahan pesona puncak Bukit Pantai Siung Gunung Kidul seluruh pemandangan pantai terlihat dengan indah. photo by : @PrimaTrisnaAji On Instagram
Setelah sampai Pasar Gunung Kidul kita melanjutkan perjalanan menuju destinasi Pantai yang pertama yaitu Pantai Siung Gunung Kidul. Kita melakukan perjalanan berangkat pada pkl. 07.00 wib dari kota Klaten kemudian sampai di Pantai Siung tepat pkl. 09.00 wib, kurang lebihnya total perjalanan selama 2 jam. Kita sampai di Pantai Siung Gunung Kidul tepat pkl.09.00 wib dengan pemandangan cuaca yang cerah. Pantai Siung merupakan salah satu objek wisata di Pantai Gunung Kidul yang lokasinya terletak diujung Pantai yang paling jauh.
Tiket masuk menuju Pantai Siung terbilang murah yaitu seharga Rp.10.000,- dan akan disuguhi dengan jalan yang cukup halus tetapi lebar untuk dua mobil berpapasan. Perjalanan menuju ke Pantai Siung kita juga melewati Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta. Suasana di Pantai Siung waktu itu ombak tidak begitu besar serta pasir putih yang lembut serta hamparan batu karang yang indah. Di Pantai Siung juga memiliki keindahan Puncak Pantai Siung yang memiliki keindahan yang bagus.
Foto bersama keluarga di Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta. photo by : @PrimaTrisnaAji On Instagram
Sesampai disana kemudian kita melanjutkan perjalanan untuk mendaki ke Puncak Bukit Pantai Siung, ketika akan mendaki menuju ke Bukit Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta kita membayar retribusi sebesar Rp.2000,-. Perjalanan menuju ke puncak Bukit Pantai Siung relatif sangat curam dan yang paling penting adalah diperlukan tenaga yang ekstra ketika akan mendaki dikarenakan cukup melelahkan. Disana kita melalui 3 puncak Bukit, di bukit pertama kita bisa mendapatkan pemandangan yang bagus hamparan laut yang luas dan bukit, kemudian ketika kita naik lagi maka akan mendapatkan spot bukit kedua yang bagus dengan view yang lebih tinggi. Ketika kita naik lagi ke puncak bukit terakhir yaitu bukit yang ketiga maka akan didapatkan tempat puncak untuk kemping kemah dengan hamparan seluruh view Pantai Selatan serta hamparan Bukit yang berada di Gunung Kidul.
Ketika saya menaiki puncak Bukit Pantai Siung Gunung Kidul beserta istri, kita disana juga menemui banyak pengunjung yang juga kemping ditempat sana. Selain itu disana juga terdapat hamparan persawahan dimana petani disana menggarap sawah ladang antara lain : Padi, Jagung, Kacang dll. Sesampai di Puncak Bukit Pantai Siung kita sempatkan untuk mengaji membaca Quran karena mensyukuri nikmat tadabur alam dari Allah SWT. Ketika kalian smapai di Puncak Bukit Pantai Siung kalian akan disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan yang tidak akan kalian sesali. Rasanya hambar seandainya ke Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta tetapi kita tidak mendaki di Bukit Pantai Siung Gunung Kidul. Setelah kita mengabadikan momen video di puncak Pantai Siung kemudian kita turun ke dasar Pantai Siung, ketika akan turun bukit dianjurkan supaya untuk memakai sepatu yang pas supaya tidak licin ketika menuruni bukit. Ketika menuruni dibilang tidak memerlukan tenaga ekstra, karena yang diperlukan adalah konsentrasi supaya tidak tergelincir.
Setelah sampai didasar Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta kita melanjutkan perjalanan ke Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta. Di Pantai Nglambor lokasi satu arah dengan Pantai Siung Gunung Kidul. Di Pantai Nglambor disarankan ketika parkir sepeda motor kalian bisa memasukkan Sepeda Motor lebih ke bawah dekat pantai supaya tidak terlalu jauh berjalan menuju ke Pantai. Ketika ke Pantai Nglambor kalian akan mendapati turunan yang cukup dalam ketika akan memarkirkan sepeda motor kalian.
Di Pantai Nglambor Gunung Kidul luasnya tidak begitu luas tetapi disana cocok untuk menyelam, disana disuguhi dengan objek fasilitas menyelam melihat dasar pantai Nglambor Gunung Kidul. Harga untuk menyelam sekitar Rp.50.000,- dan kalian bisa menikmati menyelam sepuasnya. Disana juga akan disuguhkan dengan keindahan karang yang tinggi serta jembatan yang menghubungkan satu karang menuju karang selanjutnya. Naah, perjalanan pulang menuju ke tempat parkir sepeda motor terbilang sangat melelahkan dikarenakan kita akan disuguhkan dengan tanjakan yang tinggi. Untuk itulah kenapa kita menganjurkan supaya parkir sepeda motor bisa lebih dekat ke Pantai supaya tidak terlalu jauh ketika berjalan.
Setelah selesai dari Pantai Nglambor Gunung Kidul kita melanjutkan perjalanan menuju Pantai Indrayanti Gunung Kidul. Sebelum melanjutkan perjalanan kita sempatkan untuk Sholat dzuhur berjamaah terlebih dahulu dimasjid Gunung Kidul. Masjid di Gunung Kidul sendiri terbilang sudah cukup banyak dan memiliki sarana fasilitas yang cukup bagus dan memadai.
Setelah selesai sholat Dzuhur kita menuju ke Pantai Indrayanti Gunung Kidul, perjalanan dari Pantai Nglambor Gunung Kidul menuju ke Pantai Indrayanti kurang lebih memakan waktu sekitar 25 menit. Sesampai di Pantai Indrayanti kita menikmati kuliner Mie Goreng di Resto Indrayanti tepat didepan pantai Indrayanti Gunung Kidul. Kuliner disana cukup dibilang murah dikarenakan Mie Goreng hanya dibanderol sebesar Rp.10.000,- dan disana kita memesan Es teh dan Mie Goreng.
Setelah selesai makan siang kita memasuki Pantai Indrayanti Gunung Kidul, Pantai Indrayanti Gunung Kidul sendiri merupakan salah satu Pantai yang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan dan turis asing. Disana kalian akan disuguhkan dengan pemandangan pasir putih yang datar menjorok keatas serta terumbu karang yang tinggi serta ombak yang pas dan tidak begitu besar. Dikarenakan masih siang tidak banyak yang melakukan mandi ataupun berenang di Pantai tersebut.
Setelah selesai kita melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Sundak Timur Gunung Kidul, kenapa kita memilih ke Pantai Sundak Timur? Karena Pantai ini adalah salah satu pantai wajib yang kita kunjungi ketika pergi ke Pantai Gunung Kidul. Selain Pantainya yang belum banyak pengunjung, pantai ini juga letaknya agak tersembunyi sehingga kesannya lebih private. Disana kalian juga akan disajikan dengan Gasebo yang bisa kalian sewa dengan harga Rp.20.000,- dengan waktu sepuasnya.
Biasanya di Pantai Sundak Timur Gunung Kidul kita selalu berenang tetapi dikarenakan Ombak air laut yang surut sehingga menyulitkan kita untuk berenang. Hal lain yang perlu diketahui bahwa Pantai Sundak Timur ini juga terbilang aman dikarenakan dataran pantainya datar dan tidak ada palung laut ketika surut.
Setelah selesai kita melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Baron Gunung Kidul, di Pantai Baron kita berencana untuk mandi berenang disana. Perjalanan menuju Pantai Baron kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Sesampai di Pantai Baron Gunung Kidul kita harus melewati aliran Sungai sebelum menjumpai ke pesisir Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta. Sesampai disana kebetulan pengunjung lumayan rame serta disana banyak sekali anak kecil serta orang dewasa yang juga mandi berenang di Pantai tersebut. Hal yang mendukung untuk berenang, selain cuaca yang cerah dan bagus serta ombak yang pas tidak begitu tinggi. Disana kalian juga bisa mengabadikan dengan berfoto dengan sekali jadi.
Setelah selesai mandi di Pantai Baron Gunung Kidul kita lanjutkan untuk mencicipi kuliner langganan kita ketika mengunjungi di Pantai Baron. Disana kita memesan menu paketan ikan laut yang sangat terbilang murah berdua. Yaitu hanya dengan Rp.75.000,- maka kalian akan mendapatkan 2 porsi ikan laut bakar, 2 minuman es teh, Ca Kangkung, Menu Cumi, Sambal Mentah dan Lalapan. Selain itu kita juga memesan Kelapa muda yang menjadi ciri khas minuman menu disana. Selesai makan sore kita melanjutkan perjalanan menuju ke kota Klaten, perjalanan menuju ke kota Klaten terbilang sangat lancar pada sore hari dan disuguhi dengan senja disore hari dengan pemandangan alam yang indah di Gunung Kidul disepanjang perjalanan.
Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa liburan refreshing merupakan salah satu terapi buat kita untuk mengatasi tekanan yang besar karena bekerja sehingga ketika liburan maka akan mengaktifkan hormon Endorfin didalam tubuh, dimana fungsi hormon endorfin adalah memunculkan rasa senang yang akan membuat aliran pembuluh darah akan lancar serta mengontrol hormon Kortisol. Hormon Kortisol ini adalah apabila diproduksi secara berlebihan akan merugikan tubuh yang akan bis amenyebabkan stres dan meningkatkan tekanan darah. Sehingga ketika kita liburan refreshing maka hormon yang menguntungkan tubuh akan aktif dan menurunkan tingkat stres dan depresi.*Red