Komunitas Kebaikan itu Bernama One Day One Juz

ASN Kemenpora yang juga seorang adventurir. Menyukai kegiatan luar ruang, hiking, beladiri dan olahraga, terutama Aikido, jogging dan memanah. Alumnus program pascasarjana UI konsentrasi Kajian Stratejik Pengembangan Kepemimpinan
Konten dari Pengguna
24 September 2021 15:15
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Akbar Mia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang saleh dan orang yang buruk, bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikanmu, engkau bisa membeli (minyak wangi) darinya atau minimal engkau mendapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak sedap.” (HR. Imam Bukhari)
ADVERTISEMENT
Lahir pada 11 November 2013, Komunitas One Day One Juz (Komunitas ODOJ) yang pada tahun 2021 ini telah menginjak usia 8 tahun, akan mengadakan perhelatan besar, yaitu pergantian pengurus melalui mekanisme Musyawarah Besar Komunitas ODOJ. Sesuai Amanah Anggaran Rumah Tangga Komunitas ODOJ, Musyawarah Besar Komunitas dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Sedianya Musyawarah Besar II Komunitas ODOJ (Mubes II ODOJ) akan dilangsungkan pada pertengahan tahun 2020 lalu, namun kondisi pandemi akhirnya melahirkan keputusan untuk mengundurkan Mubes II ODOJ ke bulan September 2021 ini.
Setelah melakukan rapat pembahasan secara intensif secara daring, diputuskan untuk melangsungkan Mubes II ODOJ secara luring di Jakarta. Hari ini, Jum’at, 24 September 2021 hingga minggu, 26 September 2021 dipilih menjadi waktu dilangsungkannya perhelatan akbar tersebut.
Komunitas Kebaikan itu Bernama One Day One Juz (349121)
zoom-in-whitePerbesar
Logo Komunitas One Day One Juz dan ODOJ Star (Dok. pribadi)
Komunitas One Day One Juz
ADVERTISEMENT
Berangkat dari keinginan untuk dapat mengaji Al Qur’an secara konsisten sebanyak satu juz sehari, para pendiri komunitas ini memulai aktifitas komunitas. Dalam perjalanannya, program yang ditawarkan tidak hanya mengaji satu juz sehari, tetapi juga ada setengah juz satu hari dan minimal satu ayat satu hari. Komunitas ini berupaya untuk terus mengajak dan menggugah para anggotanya untuk senantiasa mengaji, kapanpun, dimanapun, berapapun jumlahnya, tanpa tapi.
Bagi mereka yang sudah merasa mantap untuk kontinu mengaji satu juz sehari, komunitas ini bisa menjadi sarana untuk menjaga semangat dan nuansa untuk terus mengaji. Namun bagi mereka yang merasa masih memerlukan dorongan untuk mengambil langkah pertama, menyusun batu-batu kecil dalam rangka membangun gunung amal ibadah bernama konsistensi dalam mengaji, maka komunitas ini menawarkan program ODOJ Star, alias Setiap Hari Tilawah Al Qur’an. Program ODOJ Star diluncurkan untuk memudahkan para peserta yang ingin memulai kontinuitas mengaji sedikit demi sedikit. Dengan jumlah target mengaji harian hanya satu sampai lima ayat, diharapkan peserta dapat lebih mudah membangun kebiasaan mengaji harian yang kemudian dapat meningkat menjadi setengah juz per hari hingga satu juz per hari.
ADVERTISEMENT
Kehadiran komunitas-komunitas kebaikan semacam ini semakin memudahkan kita untuk melangkahkan kaki menjalani jalan kebaikan dan konsisten didalamnya. Didukung kehadiran perkembangan teknologi yang terus membawa berbagai kemudahan, semakin memudahkan pula bagi kita yang ingin konsisten dalam kebaikan. Tak ada lagi alasan untuk terus menunda melakukan kebaikan. Kekhawatiran tidak bisa mengaji satu juz sehari, bukan lagi alasan untuk tidak mengaji sama sekali.
Sebagian diantara kita mungkin ada yang masih belum mengenal Komunitas One Day One Juz. Komunitas yang memiliki visi “membudayakan membaca al-quran satu juz per hari” ini ternyata sudah memiliki anggota yang cukup banyak. Per 11 September 2021tercatat jumlah anggotanya sudah mencapai 126 ribu orang, yang tersebar di 25 provinsi dan 85 kabupaten/kota. Tidak hanya di dalam Indonesia, anggota komunitas ini ternyata juga ada yang tinggal di luar negeri, seperti Arab Saudi, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, Jepang, Turki, Afrika Selatan, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Penyelenggaraan Mubes II ODOJ menjadi salah satu bukti keseriusan komunitas dalam menjalankan roda organisasi secara profesional. Tidak tanggung-tanggung, dalam menyelenggarakan Mubes, ODOJ tidak hanya melakukan pemilihan majelis syura dan ketua umum baru, Mubes ODOJ juga membahas perbaikan AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) dan Rencana Strategis Komunitas 2021-2024. Perbaikan AD/ART dilakukan sebagai upaya perbaikan menjalankan roda organisasi, dan keberadaan rencana strategis sebagai bukti keseriusan komunitas dalam berorganisasi demi mencapai visinya.
Komunitas Kebaikan itu Bernama One Day One Juz (349122)
zoom-in-whitePerbesar
Backdrop Mubes II Komunitas ODOJ (Dok. pribadi)
Membudayakan Membaca Al Qur’an Satu Juz Per Hari
Memulai gerakan membaca Al Qur’an dari satu grup whatsap berjumlah 30 orang, hingga kemudian menjadi 4378 whatsapp grup dengan total 126.910 orang anggota, tentu memerlukan kerja keras dan pemikiran yang tidak sedikit. Komunitas ODOJ mengajarkan konsistensi berbuat kebaikan dari hal yang sederhana: mengingatkan setiap anggotanya untuk senantiasa membaca Al Qu’ran setiap hari.
ADVERTISEMENT
Sudah menjadi tabiat dasar manusia akan mengalami kelelahan. Abu Darda, salah seorang sahabat Rasulullah menyifati hal ini dengan istilah “iman itu bertambah dan berkurang.” Kadangkala ketika awal memulai sesuatu perbuatan baik, kita sedang dalam kondisi yang sangat bersemangat, namun kemudian semangat ini luntur atau menurun. Istilah berikut mungkin bisa sedikit mewakili: “serigala akan memangsa domba yang sendirian.”
Komunitas ODOJ dapat menjadi salah satu contoh sebagaimana yang disifati hadits Rasulullah Muhammad SAW diawal tulisan, “teman yang baik yang membawa harum dan kebaikan, sebagaimana yang tamsilkan sebagai penjual minyak wangi”. Konsistensi para para admin grup whatsap dalam terus mengingatkan anggota, dan sekaligus mencari calon anggota baru komunitas dapat menjadi inspirasi untuk selalu mengingatkan melakukan kebaikan, sekecil apapun. Ketakutan untuk memulai kebaikan dapat diatasi sebagaimana cara yang dilakukan komunitas ODOJ. Untuk dapat mengaji satu juz sehari, dapat dimulai dengan mengaji minimal satu ayat sehari, yang kemudian ditingkatkan sedikit demi sedikit sesuai kemampuan.
ADVERTISEMENT
Seringkali kita melupakan, bahwa gunung pun sebetulnya hanya terdiri atas batu-batu kecil, gedung megah terdiri atas bata-bata yang tersusun, buku tebal berjilid-jilid terdiri atas lembaran-lembaran kertas, perjalanan ribuan mil harus dimulai dengan satu langkah pertama. Untuk dapat melakukan amal kebaikan yang besar, terkadang kita harus memulai dari yang kecil dan sederhana. Komunitas ODOJ menunjukkan hal ini dalam kerja nyatanya. Semoga gerakan komunitas ODOJ menginspirasi berbagai komunitas dan individu-individu lainnya untuk terus berbuat dan menebar kebaikan, kapan saja, dimana saja, seberapapun besarnya.
Selamat menjalankan Musyawarah Besar II Komunitas One Day One Juz
Mari Mengaji Tanpa Tapi
Allahu a’lam
Hotel Royal Palm Jakarta, 24 September 2021
Tautan:
1. Laman Komunitas One Day One Juz: https://onedayonejuz.org/
ADVERTISEMENT
2. Pendaftaran anggota: https://onedayonejuz.org/daftar
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020