7 Cara Bos 'Manjakan' Karyawannya Bikin Iri

8 Agustus 2017 16:59
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi Karyawan Kantoran (Foto: thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Karyawan Kantoran (Foto: thinkstock)
ADVERTISEMENT
Beragam cara dilakukan oleh para pimpinan perusahaan agar bisa membuat karyawannya bahagia. Mulai dari memberi bonus hingga liburan istimewa.
ADVERTISEMENT
Berikut 7 cara bos memanjakan karyawannya dengan hal yang tak biasa seperti dikutip kumparan (kumparan.com) dari brightside.me, Selasa (8/8/2017).
1. Ajak karyawan liburan ke Maladewa
Bos perusahaan Evolve Mixed Martial Arts, Chatri Sityodtong, menghabiskan uang Rp 6 miliar untuk mengajak karyawannya berlibur ke Maladewa. Karyawan juga dimanjakan dengan fasilitas hotel bintang 5.
2. Beri bonus mobil mewah dan apartemen
Pemilik usaha distributor berlian, Savji Dholakian, memberikan 1.700 karyawannya bonus yang luar biasa, yakni 1.200 mobil dan 400 unit apartemen. Selain itu dia juga memberikan tambahan bonus untuk 5.500 karyawannya yang dianggap loyal, setia dan memiliki kinerja yang baik, yakni bonus senilai USD 7,7 juta atau lebih dari Rp 100 miliar.
ADVERTISEMENT
Bonus tersebut diberikan Savji pada tahun 2016 lalu saat perayaan Dilwali di India. Savji memang terkenal sebagai bos yang dermawan, di tahun-tahun sebelumnya dia juga memberikan bonus yang luar biasa untuk karyawannya.
3. Bos bagikan sebagian penghasilannya untuk kenaikan gaji pegawai
Dan Price, pendiri Gravity Payment, berterima kasih kepada para pegawainya yang telah bekerja keras dengan memberikan bonus. Dia juga membagikan penghasilan pribadinya untuk meningkatkan gaji para pegawai hingga menjadi USD 70.000 per tahun.
Kebaikan Price itu ternyata langsung mendapat balasan. Para karyawan menabung selama 6 bulan agar bisa membelikan hadiah untuk Price.
Saat Price sedang bekerja, para karyawan datang memberikan kejutan, sebuah mobil idaman Price yang tidak sempat dibelinya karena kala itu dia memberikan sebagian gajinya untuk karyawan.
ADVERTISEMENT
Price terharu ternyata mobil yang diimpikannya bisa terwujud atas cinta dari para karyawannya.
4. Beri cuti panjang karyawan selama 1 tahun
Desainer grafis terkenal yang juga pemilik Sagmeister & Wals, Stefan Sagmeister, berpikir bila seseorang yang tidak mengambil cuti liburan bisa membuat mereka kehilangan ide dan potensinya.
Atas dasar itu, dia memberikan karyawannya untuk cuti panjang selama 1 tahun penuh dan tetap mendapat gaji. Dia berharap usai berlibur karyawannya bisa membawa ide-ide segar yang menguntungkan perusahaan. Cuti ini diberikan untuk karyawan yang sudah bekerja selama 7 tahun lebih.
5. Mengubah kantor menjadi wahana mandi bola
Setiap bos ingin membuat tempat kerja yang nyaman untuk karyawannya agar mereka bisa bekerja dengan produktif. Lee McAteer, pemilik perusaahaan di Manchester, Inggris, melakukan hal tersebut dengan mengubah kantornya menjadi wahana mandi bola.
ADVERTISEMENT
Lee dan asistennya mengisi 'kolam' dengan 250 ribu bola warna-warni dari pukul 03.00 subuh sampai 08.00 pagi. Para pegawai yang datang ke kaget melihat ruang kerjanya penuh dengan bola berwarna. Mereka bergembira, bermain bola sambil mengetik di laptop. Para karyawan sangat menikmati 'suguhan' yang diberikan oleh bos mereka.
6. Libur untuk karyawan yang putus cinta
Perusahaan marketing Hime & Co Management memberikan cuti untuk karyawannya yang putus cinta. Menurut mereka, seseorang yang patah putus cinta butuh waktu untuk menyembuhkan luka hati mereka.
Ilustrasi wanita patah hati (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wanita patah hati (Foto: Thinkstock)
7. Hadiah mobil untuk karyawan yang tak bisa datang tepat waktu
Veronica Solis sudah beberapa tahun ini bekerja sebagai juru masak di Day Care milik Alex Rios. Solis merupakan seorang pekerja keras dan rajin.
ADVERTISEMENT
Suatu hari Solis datang kepada Alex dan mengatakan agar mencari juru masak yang lain. Solis beralasan dia tidak bisa datang tepat waktu ke kantor karena lalu lintas yang tidak dapat diprediksi dan dia tidak punya kendaraan.
Mendengar itu, Alex lalu memberikan Solis mobil. "Hal ini tidak setiap hari bisa kita lakukan, memberikan hadiah kepada orang lain. Selama kita mampu kenapa tidak," kata Alex.