Buzz
·
15 September 2021 11:17

Cara Cerdik Berbuat Baik

Konten ini diproduksi oleh Sandry Windiharto
Cara Cerdik Berbuat Baik (71808)
searchPerbesar
Sumber: Freepik <a href="https://www.freepik.com/photos/business">Business photo created by senivpetro - www.freepik.com</a>
Indonesia kembali menjadi negara yang rakyatnya paling sering berbuat baik di dunia versi World Giving Index Tahun 2021. Di laporan yang dirilis oleh Charities Aid Foundation pertengahan tahun ini, Indonesia ada di peringkat pertama dengan skor 69%, di atas negara-negara seperti Australia yang skornya 49% atau New Zealand dengan skor 47%.
ADVERTISEMENT
Peringkat ini sepertinya memang sesuai dengan fakta yang sering kita temui sehari-hari yang menunjukkan bahwa orang Indonesia gemar berbuat baik pada sesama. Bahkan beberapa dengan cara yang kadang tidak terduga. Salah satunya pada kejadian yang belum lama ini saya alami sendiri.
Saat itu saya sedang berada dalam antrian jalur mobil untuk mengisi bensin di sebuah SPBU. Di deretan paling depan ada satu mobil yang sedang melakukan pengisian, lalu yang mengantri di belakangnya ada satu Honda CR-V berwarna putih, kemudian tepat di belakangnya adalah mobil saya.
SPBU ini temasuk salah satu yang sering saya tuju sehingga saya sedikit banyak sudah familiar dengan situasinya. Salah satunya adalah pada SPBU ini ada beberapa penjual makanan yang menjajakan dagangannya menggunakan nampan berkeliling ke mobil atau motor yang sedang antri.
ADVERTISEMENT
Saya sendiri hanya sesekali membeli dari para pedagang yang rata-rata bapak-bapak berusia 40 tahunan ini. Dan itu juga kalau saya memang lagi pengen atau butuh saja. Seringnya sih saya lewatkan dan hanya bilang, “Nggak dulu Pak.” Namun kali ini ada peristiwa tak biasa yang mengubah persepsi saya tentang bagaimana seharusnya memanfaatkan situasi untuk berbuat baik dengan cerdik.
Kembali ke antrian tadi, saat itu ada satu pedagang yang menawarkan dagangannya ke Honda CR-V putih di depan saya. Sesaat kemudian tampak kaca mobil diturunkan dan terlihat ada tangan pengemudi yang menjulur keluar menunjuk beberapa barang dagangan. Sepertinya pengemudi mobil ini milih beberapa makanan yang ingin dibeli.
Awalnya hanya menduga pengendara mobil depan saya ini memang ingin membeli untuk dimakannya sendiri. Ternyata saya keliru. Setelah beberapa jajanan tadi disatukan dalam plastik dan dibayar, pengemudi Honda CR-V ini tampak berbicara ke pedagang ini sambil menunjuk ke arah petugas SPBU yang sedang mengisi bensin di depannya.
ADVERTISEMENT
Beberapa saat kemudian saya baru menyadari bahwa pengemudi mobil meminta makanan yang sudah dibeli tadi untuk diberikan ke petugas SPBU itu. Kejadian ini membuat saya terkesan. Ternyata pengemudi Honda CR-V tadi telah melakukan dua hal baik sekaligus. Membeli dagangan dari bapak-bapak penjual makanan dan memberikannya kepada para petugas SPBU. Satu aksi untuk dua kebaikan. Saya lalu menyebutnya cara cerdik untuk berbuat baik.
Sebelum menjadi saksi pada peristiwa ini, saya hanya beranggapan bahwa para penjual tadi adalah pedagang, dan saya adalah calon pembeli barang dagangan mereka. Karena itu yang terpikir hanyalah saya akan membeli jika memang butuh dan saya akan melewatkannya jika saya tak menginginkan. Tapi ternyata kejadian ini berhasil memberi insight lain bagi saya. Situasi-situasi sederhana di sekitar kita seperti ini bisa dimanfaatkan untuk berbuat baik.
ADVERTISEMENT
Peluang berbuat baik ini semakin besar di masa pandemi seperti sekarang. Saat banyak yang terdampak dan memerlukan uluran tangan dari sesama. Saya juga sangat yakin dermawan di mobil tadi memang hanya ingin melakukan kebaikan tanpa mengharap ada yang menyaksikan.
Dia juga pasti tak menyadari bahwa kebaikannya sudah menjadi pelajaran berharga bagi saya. Mungkin juga kebaikan seperti itu biasa sudah sering dilakukannya sehingga banyak orang yang terinspirasi dan meniru berbuat baik dengan cara yang sama.
Satu pelajaran berharga dari peristiwa ini. Teruslah berbuat baik, karena kebaikan itu menular. Suatu kebaikan akan selalu membawa dampak positif yang berlipat ganda. Baik bagi yang menerima ataupun bagi orang lain yang terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white