• 1

Rasa Terima Kasih dan Persaingan yang Masih Ingin Dihidupkan Ronaldo

Rasa Terima Kasih dan Persaingan yang Masih Ingin Dihidupkan Ronaldo


Cristiano Ronaldo

Ronaldo bersama trofi Ballon d'Or. (Foto: JAVIER SORIANO / AFP)
Cristiano Ronaldo mengucapkan terima kasih setelah meraih trofi Ballon d'Or. Dia menyebut semua pihak yang membantunya mencapai trofi ini di dalam balutan ucapan terima kasih, termasuk rekan-rekan setimnya di Real Madrid. Tapi, di sisi lain dia juga masih ingin bersaing dengan Lionel Messi dalam beberapa tahun ke depan.
Di bawah sinar temaram lampu Menara Eiffel, Paris, Ronaldo dengan gagahnya menggenggam trofi Ballon d'Or kelima yang dia raih. Latar belakang Menara Eiffel, sebagai salah satu bangunan ikonik di Prancis, seolah selaras dengan penampilan rapi yang Ronaldo tunjukkan pada Jum'at (8/12/2017) dini hari waktu Indonesia itu.
Trofi Ballon d'Or ini menjadi spesial bagi Ronaldo. Selain menjadi trofi Ballon d'Or kedua beruntunnya dalam dua tahun terakhir, trofi ini juga membuatnya menyamai raihan trofi Ballon d'Or yang dicatatkan oleh Lionel Messi. Memang pada 2017 ini Ronaldo cukup sensasional, dengan catatan trofi La Liga dan Liga Champions bagi Real Madrid.
Atas trofi Ballon d'Or yang dia raih, Ronaldo tidak lupa terhadap pihak-pihak yang sudah membantunya selama setahun terakhir ini. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada rekan setimnya di Real Madrid, serta kepada orang-orang yang telah membantunya selama ini.
"Hal ini (trofi Ballon d'Or) adalah sesuatu yang selalu saya nantikan tiap tahunnya. Oleh karena itu, untuk tahun ini, saya ingin berterima kasih kepada seluruh rekan setim saya di Real Madrid, serta kepada orang-orang yang telah membantu saya mencapai tingkatan ini," ujar Ronaldo seperti dilansir BBC.
Namun raihan trofi Ballon d'Or dari Ronaldo ini sedikit menimbulkan perdebatan. Ini tidak lain karena Lionel Messi, pesaing Ronaldo yang dianggap memiliki catatan statistik lebih baik dari Ronaldo, dinilai lebih layak untuk trofi Ballon d'Or pada 2017 ini.
Memang dalam beberapa catatan individu, Ronaldo kalah dari Messi. Penciptaan peluang (chances created) Messi lebih besar dari Ronaldo (121 berbanding 55). Konversi peluang Messi pun lebih baik dari Ronaldo, dengan persentase 23,4% berbanding 18,7% milik Ronaldo.
Soal persaingannya dengan Messi ini, Ronaldo mengungkapkan bahwa dia ingin agar hal ini tetap ada. Sampai dia pensiun di Madrid, dia berharap agar Messi dan dirinya tetap bisa berbuat yang terbaik untuk Madrid maupun Barcelona.
"Persaingan dengan Messi, saya harap, terus berlanjut. Kami akan tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk tim kami. Saya juga berharap bahwa saya tetap bisa bermain di level tertinggi untuk beberapa tahun ke depan." ujar Ronaldo seperti dilansir Soccerway.
"Sekarang saya merasa baik. Tapi mari lihat apa yang akan terjadi di masa depan. Saya bahagia di Madrid dan saya ingin tinggal, kalau bisa sampai pensiun di Madrid," pungkasnya.


Sepak BolaSportsBallon d'OrCristiano Ronaldo

500

Baca Lainnya