Barcelona vs Real Madrid

Memahami Bursa Transfer

Tidak mau makan rebung, durian, dan tauge.
26 Juli 2022 11:59
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Roman Abramovich membutuhkan waktu sepuluh tahun untuk mengangkat trofi Liga Champions pertamanya. Untuk mencapai tujuan itu ia rela hampir memberikan segalanya. Ketika masih berstatus sebagai pemilik Chelsea, Abramovich membangun dinastinya dengan membentuk tim penuh bintang. Masalahnya, pemain dan pelatih bintang tak datang dengan sendirinya. Uang merupakan salah satu daya tarik. Sebagai pebisnis, Abramovich menyadari hukum alam tersebut dan berjalan patuh di koridornya.
Tidak heran jika bursa transfer Chelsea acap diramaikan oleh berita-berita besar. Lihatlah ketika mereka berhasil mendatangkan Jose Mourinho pada 2004. Lihat pula saat Chelsea, melalui tangan dingin Marina Granovskaia, berhasil mendapatkan tanda tangan Romelu Lukaku walau pada akhirnya semua orang tahu itu keputusan keliru.
Sama halnya dengan Barcelona di bursa transfer musim panas ini. Dengan utang menggunung dan persoalan finansial, mereka tetap melakoni bursa transfer dengan beringas. Mulai dari Raphinha hingga Robert Lewandowski—terlepas bagaimanapun kesepakatan transfer tersebut—Barcelona berhasil menjaring pemain-pemain hebat. Tentu saja semua langkah itu diambil bukan untuk sekadar meramaikan berita transfer, tetapi untuk membangun satu tim yang dapat mewujudkan tujuan kolektif klub.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Konten Premium kumparanPLUS
Sepak bola tak selamanya mewah. Ia mau-mau saja membukakan pintu bagi mereka yang menggiring bola dengan bertelanjang kaki. Kolom Marini Saragih, terbit dua pekan sekali, tiap Senin, di @kumparanplus.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten