• 3

Planet Mars Simpan Banyak Air Es

Planet Mars Simpan Banyak Air Es


Planet Mars

Planet Mars (Foto: AlexAntropov86/ Pixabay)
Beberapa waktu lalu telah diketahui bahwa beberapa lokasi di Mars memiliki air es di bawah permukaan, namun belum ada cara yang akurat untuk mengetahui seberapa banyak cadangan air es itu.
Kali ini, ada kabar baik tentang penelitian eksplorasi Mars, yang menyatakan bahwa telah ditemukan lapisan es di bawah permukaan sampai kedalaman 100 meter, di planet merah itu.
Data baru ini terungkap berkat dua satelit NASA yang mengorbit Mars. Kedua satelit ini memantau delapan lokasi permukaan Mars yang mengalami erosi, lalu mengolahnya menjadi gambar tiga dimensi beresolusi tinggi. Di sana terlihat permukaan dan tebing di Mars yang sebagian besar terdiri dari air es, yang perlahan menyublim karena terkena atmosfer.
Setiap permukaan yang mengandung es memiliki lapisan yang berbeda, yang menyimpan catatan iklim masa lalu di Mars. Para periset mengatakan dalam jurnal Science, bahwa temuan ini "bisa menjadi sumber air yang berguna untuk eksplorasi manusia di planet merah pada masa depan."
Shane Byrne, peneliti dari Lunar and Planetary Laboratory di University of Arizona, berkata bahwa dengan adanya air ini, para astronaut sebenarnya bisa pergi ke delapan lokasi tersebut dengan membawa ember dan sekop, lalu mereka mendapatkan semua air yang dibutuhkan.

"Para astronaut benar-benar bisa pergi ke sana sambil membawa ember dan sekop, kemudian mengambil air yang mereka butuhkan."

- Shane Byrne, Peneliti Lunar and Planetary Laboratory di University of Arizona

"Penemuan ini memberikan kita kejutan saat kita akhirnya bisa melihat menembus tebalnya es bawah tanah yang tebal ini," kata Byrne dalam artikel penelitiannya, dilansir NBC News.
Es yang ada di Mars tersebut kemungkinan terkumpul ketika salju turun dan membentuk lapisan tebal. Lokasi es ini cenderung lebih mudah dicapai dibandingkan kutub Mars yang ditutupi es.

SainsLuar AngkasaMarsEksplorasi

500

Baca Lainnya




}