Konten dari Pengguna

5 Buku Tertua di Dunia yang Pernah Ditemukan berikut Isinya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
18 Juni 2024 20:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Hanya Ilustrasi: Buku Tertua di Dunia. Sumber: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Hanya Ilustrasi: Buku Tertua di Dunia. Sumber: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penemuan buku tertua di dunia menjadi bukti bahwa buku telah ada sejak ribuan tahun lalu. Buku yang ditemukan ini berisikan beragam informasi penting tentang masa lampau.
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui buku tertua yang pernah ditemukan dan isinya, simak uraian ini!

Buku Tertua di Dunia dan Isinya

Foto Hanya Ilustrasi: Buku Tertua di Dunia. Sumber: Maria Orlova/Pexels.com
Buku tertua di dunia dan isinya yang masih ada hingga sekarang adalah:

1. Codex Sinaiticus (Alkitab Sinai)

Jonar S. dalam buku berjudul Bibliologi: Menyingkap Sejarah Perjalanan Alkitab dari Masa ke Masa menjelaskan bahwa disebut sebagai Codex Sinaiticus (Alkitab Sinai) karena ditemukan oleh Tischendorf di Biara St. Catherine, Bukit Sinai, di tahun 1844.
Sekarang Codex Sinaiticus (Alkitab Sinai) disimpan di British Museum, Inggris. Isinya adalah salinan Alkitab terdiri dari sepertiga Kitab Perjanjian Lama, seluruh Kitab Perjanjian Baru, dan surat Barnabas di Fragmen yang tidak lengkap dari Gembala Hermes sebagai tambahan.

2. Etruscan Gold Book

Etruscan Gold Book disebut juga Buku Emas Etruria. Buku ini dipercaya telah ada sejak 600 SM. Buku ini ditemukan oleh ahli arkeologi ketika menggali kanal di sepanjang sungai Strouma yang lokasi di Bulgaria.
ADVERTISEMENT
Buku ini terdiri dari 6 lembar emas 24 karat dan diikat cincin. Pelat ditulis menggunakan karakter Etruscan, dan tergambar kuda, penunggang kuda, seorang siren atau duyung, tentara, dan kecapi. Buku ini sekarang ada di Museum Sejarah Nasional Bulgaria, Sofia.

3. Nag Hammadi Library

Buku tertua di dunia Nag Hammadi Library isinya adalah berbagai naskah kuno yang pernah terkubur di toples tertutup dan ditemukan di tahun 1945 di kota Nag Hammadi, Mesir. Dari 13 naskah yang ditemukan sebagian besar berisikan risalah Gnostik.
Ada juga karya milik Corpus Hermitcum, yang merupakan terjemahan Republik Plato dan teks Injil Thomas lengkap. Ahli sejarah memperkirakan buku ini telah ada sejak abad ke-3 atau ke-4.

4. Kitab Injil St Cuthbert

Kitab paling tua di Eropa ini diperkirakan telah ada sejak abad ke-7. Seperti namanya, buku ini berisikan kitab Injil dan awal mulanya dimiliki pemimpin Kristen asal Inggris yang bernama St. Cuthbert. Sekarang kitab ini disimpan di British Library London.
ADVERTISEMENT

5. Siddur, Jewish Prayer Book

Buku ini berisikan tentang doa Yahudi yang asalnya dari tahun 840 . Buku ini ditemukan tahun 2013 dengan Perkamen yang masih dalam ikatan asli dan masih lengkap. Isinya tentang bunyi vokal Babel mirip dengan Bahasa Inggris Lama atau Tengah.
Itulah beberapa buku tertua di dunia dan isinya yang masih ada hingga sekarang. (eK)