Konten dari Pengguna

Kisah Abu Muslim al Khaulani Terdapat dalam Kitab Apa?

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
11 Juli 2024 22:38 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kisah Abu Muslim al Khaulani terdapat dalam kitab. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kisah Abu Muslim al Khaulani terdapat dalam kitab. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Abu Muslim al-Khaulani adalah seorang tokoh sufi dan tabi'in yang terkenal. Hingga tidak heran banyak orang penasaran kisah Abu Muslim al Khaulani terdapat dalam kitab apa.
ADVERTISEMENT
Artikel di bawah ini akan menjelaskan perihal tersebut sekaligus kisah singkat dari sosok fenomenal ini.

Kisah Abu Muslim al Khaulani Terdapat dalam Kitab Apa?

Ilustrasi kisah Abu Muslim al Khaulani terdapat dalam kitab. Foto: Pixabay
Abu Muslim al-Khaulani adalah seorang tokoh sufi dan tabi'in yang dikenal karena keteguhan imannya dan kisah-kisah ajaib yang menyertainya. Nama aslinya adalah Abdullah ibn Thuwab, dan dia berasal dari Yaman.
Salah satu kisah terkenal tentang Abu Muslim al-Khaulani terjadi pada masa pemerintahan Aswad al-Ansi, seorang nabi palsu yang muncul di Yaman, seperti yang tertulis dalam Ensiklopedi Akhlak Rasulullah Jilid 1 oleh Syaikh Mahmud Al-Mishri.
Ketika Abu Muslim menolak mengakui kenabian Aswad al-Ansi, dia diperintahkan untuk dibakar hidup-hidup. Namun, dengan izin Allah, dia selamat dari api tanpa terluka. Setelah peristiwa ini, Abu Muslim al-Khaulani hijrah ke Madinah.
ADVERTISEMENT
Di Madinah, dia bertemu dengan Khalifah Umar bin Khattab, yang sangat kagum dengan kisahnya. Umar mengucapkan, "Segala puji bagi Allah yang tidak mematikan aku sampai aku bisa melihat seseorang dari umat Muhammad yang diperlakukan seperti Ibrahim alaihissalam."
Abu Muslim al-Khaulani dikenal karena kesalehannya, ibadahnya yang tekun, dan perannya dalam menyebarkan ajaran Islam. Dia juga dikenal sebagai seorang yang zuhud dan sederhana dalam hidupnya.
Kisah-kisah tentangnya sering disebutkan dalam literatur sejarah Islam dan biografi para tabi'in. Beberapa kitab yang memuat kisahnya, antara lain:
Siyar A'lam al-Nubala karya Imam al-Dzahabi yang merupakan salah satu referensi utama dalam biografi para sahabat, tabi'in, dan ulama. Kisah Abu Muslim al-Khaulani terdapat di dalamnya.
Hilyat al-Awliya karya Abu Nu'aym al-Isfahani yang adalah kitab memuat biografi para wali dan orang-orang saleh, termasuk kisah Abu Muslim al-Khaulani.
ADVERTISEMENT
Tabaqat al-Kubra karya Ibn Sa'd adalah kitab yang juga mencakup biografi para tabi'in, termasuk Abu Muslim al-Khaulani.
Kitab-kitab ini memberikan gambaran tentang kehidupan dan kontribusi Abu Muslim al-Khaulani dalam perkembangan Islam pada masa tabi'in.
Demikian adalah artikel yang menjawab pertanyaan kisah Abu Muslim al Khaulani terdapat dalam kitab apa yang menarik diketahui. (SP)