Penyebab Kedatangan Sekutu Disambut Perlawanan oleh Indonesia

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
3 Juni 2024 19:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia. Sumber: Pixabay/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia. Sumber: Pixabay/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia karena masyarakat lokal merasa kecewa akibat Sekutu yang ingin mengembalikan kekuasaan Belanda.
ADVERTISEMENT
Laela dalam Perjuangan Rakyat Parakan-Temanggung dalam Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia (1945-1946) menyebutkan bahwa pihak Sekutu datang ke Indonesia pada September 1945.
Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia, simak penjelasannya dalam bacaan berikut.

Faktor Penyebab Kedatangan Pasukan Sekutu Disambut Perlawanan Indonesia

Ilustrasi kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia. Sumber: Pixabay/pexels.com
Pihak Sekutu datang ke Indonesia pada September 1945. Kedatangan tersebut awalnya disambut dengan semangat oleh masyarakat lokal. Sayangnya, kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia karena berusaha membantu Belanda untuk memperoleh kekuasaannya kembali.
Alhasil, di seluruh penjuru tanah air berusaha untuk memberikan reaksi perlawanan terhadap pihak Sekutu. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan kedatangan pasukan Sekutu disambut perlawanan oleh rakyat Indonesia adalah:
ADVERTISEMENT

1. Rasa Kecewa terhadap Sekutu

Salah satu faktor penyebab kedatangan pasukan Sekutu disambut perlawanan oleh rakyat Indonesia adalah karena rasa kecewa terhadap sikap Sekutu.
Pihak Sekutu kerap melakukan tindakan represif, misalnya pengibatan bendera Belanda, pembubaran organisasi kemerdekaan, hingga menangkap pemimpin kemerdekaan.

2. Ingin Meraih Kemerdekaan

Faktor penyebab kedatangan pasukan Sekutu disambut perlawanan oleh rakyat Indonesia selanjutnya adalah karena munculnya keinginan untuk meraih kemerdekaan. Rakyat Indonesia telah merasakan penjajahan dan penderitaan dalam waktu lama sehingga mendambakan kemerdekaan.
Sayangnya, pasca memproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, pasukan Sekutu justru datang untuk membantu Belanda memperoleh kekuasaannya kembali. Hal ini tentunya memicu kemarahan masyarakat.

3. Kepemimpinan Kuat

Faktor penyebab kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia berikutnya adalah karena adanya kepemimpinan yang kuat dari para pahlawan nasional. Mulai dari Soekarno, Moh. Hatta, Tan Malaka, Sjahrir, dan lainnya.
ADVERTISEMENT

4. Semangat Nasionalisme

Faktor penyebab kedatangan pasukan Sekutu disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia yang terakhir adalah karena masyarakat lokal mempunyai semangat nasionalisme serta patriotisme yang tinggi. Alhasil, masyarakat akan bersatu dan berjuang guna mempertahankan kemerdekaan.
Demikian informasi lengkap mengenai kedatangan pasukan Sekutu pada akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia. [ENF]