kumparan
1 Des 2018 17:52 WIB

Membawa Bendera Tauhid, 3.200 Warga Riau Akan Ikuti Reuni 212 di Monas

Bendera hitam bertuliskan kalimat tauhid menghiasi aksi 212 tahun 2016 silam di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Riau.
ADVERTISEMENT
SELASAR RIAU, PEKANBARU - Ribuan warga Provinsi Riau akan menjadi peserta 'Reuni 212' yang akan digelar di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, pada Minggu (2/12). Ketua Gerakan Masyarakat Menuntut Keadilan (GMMK), Yana Mulyana, menyebut massa akan membawa atribut salah satunya bendera tauhid.
"Sudah mengonfirmasi ke saya, sudah ada 3.200 orang (yang akan jadi peserta 'Reuni 212'). Itu belum termasuk peserta berangkat pribadi," ungkap Yana, Sabtu (1/12).
Yana sendiri mengaku akan membawa 15 lembar bendera tauhid, 2 lembar bendera merah putih, dan 7 lembar bendera Persatuan Islam (Persis). Dia mengatakan belasan bus yang mengantar massa dari Riau sudah berada di Jakarta, sedangkan sebagian lagi berangkat menggunakan pesawat malam ini.
"Nanti kita akan cari titik kumpul. Tetapi kalau terlalu banyak massa, sesuai dengan prediksi panitia, kita akan susah bertemu sesama dari Riau. Yang jelas kita sudah tentukan titik temu," kata Yana.
ADVERTISEMENT
Dia berpendapat Aksi 212 pada 2016 merupakan bukti umat Islam cinta damai dan tidak pernah membuat kegaduhan. "Ketika ada reaksi berlebihan, kita harus melihat penyebabnya, apakah itu karena pembakaran bendera tauhid, persekusi ulama, dan hal lain yang menyinggung Islam lainnya," pungkasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan