kumparan
14 November 2019 22:59

Ingin Lulus Tes CPNS? Coba Cara Peserta Lulus CPNS 2018

Untitled Image
Peserta berdoa sebelum mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (26/10/2018). Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Laporan: ROBI SUSANTO
SELASAR RIAU, TELUK KUANTAN - Banyak cara dilakukan oleh para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mempersiapkan diri hadapi tes masuk tersebut.
ADVERTISEMENT
Mulai dari cara biasa dengan belajar sungguh-sungguh hingga menggunakan jimat.
Namun, bagi Anda yang ingin menempuh cara benar dengan mempersiapkan diri, bisa mencoba lakukan beberapa cara seperti dilakukan Mira, PNS yang lulus CPNS 2018 dengan cara murni.
Mira memaparkan, terpenting mengikuti ujian CPNS ini adalah ketepatan dan kecepatan.
"Sebelum ujian sebaiknya pelamar harus rajin latihan, tapi belajarnya harus pakai waktu," ujar Mira saat bincang-bincang dengan Selasar Riau, Kamis, 14 November 2019.
Untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ada tiga bidang akan diuji, pertama Tes lntelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
Mira menyarankan untuk belajar sebelum mengikuti tes CPNS. Cara belajar dengan membeli buku, menurutnya, ini akan menghabiskan duit.
ADVERTISEMENT
"Belajar online saja, cari aplikasi untuk belajar. Kalau sudah dapat soal-soalnya baru di-print dan belajarlah menggunakan waktu," saran Mira.
Soal dicetak atau di-print tersebut juga harus memiliki jawaban.
"Jadi di-print itu soal sudah ada jawaban, nanti kita belajar dari situ mengerjakannya menggunakan waktu," katanya.
Belajar menggunakan waktu dimaksud Mira, contoh apabila waktu diberikan dalam tes CPNS nanti hanya satu jam, maka belajarlah kerjakan soal satu jam.
Menurut Mira, biasanya contoh soal tes CPNS diaplikasi online tersebut memiliki banyak kesamaan, namun kadang hanya angka dan jawaban berbeda.
"Jadi soal di internet itu biasanya memiliki banyak kesamaan dengan soal yang ada saat kita ikut tes CPNS, cuma kadang jawabannya yang tidak sama," katanya.
ADVERTISEMENT
Ia menyarankan, kalau bisa soal di aplikasi online dipelajari secara keseluruhan, jangan separuh-separuh.
Memang, tuturnya, saat ujian nanti kadang kita pelajari seluruhnya itu ada masuk.
Selain itu, jelasnya, untuk belajar menyelesaikan soal tes CPNS ini harus banyak memiliki trik.
"Harus banyak triknya, jangan hanya terpaku satu trik saja, kalau bisa soal-soal ini dipelajari dengan trik berbeda dengan tujuan cepat dan tepat waktu," jelasnya.
Mira mengaku, saat ujian tes CPNS 2018 lalu, ia merasa kesulitan karena waktu singkat.
Maka, Mira menyarankan kepada peserta akan ikut supaya belajar menggunakan waktu.
Untuk tes kepribadian, Mira menyarankan agar peserta ikut nanti banyak belajar di Youtube.
"Untuk kepribadian ini banyak di Youtube, belajar di sana," katanya.
ADVERTISEMENT
Dengan diturunkannya passing grade tahun ini, tuturnya, peserta yang ikut jangan lagi sekadar untuk bisa mencapai nilai passing grade, tapi harus mencari nilai setinggi-tingginya untuk bisa lulus.
"Karena pasti banyak belajar dari tes tahun sebelumnya, maka kalau bisa jangan nanti lulus dengan nilai pas-pasan, kalau bisa lulus dengan nilai tertinggi," katanya.
Mira merupakan satu-satunya peserta lulus di formasinya saat tes CPNS 2018 lalu.
Dari 19 jumlah peserta memperebutkan satu formasi tersebut, hanya Mira seorang yang lulus.
"Terakhir selain belajar dengan waktu, juga terpenting ada ridha dari orangtua itu sangat penting, yang kedua mungkin keberuntungan," pungkasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan