kumparan
News17 Maret 2020 23:37

Negatif Covid-19, Seorang Pasien di Riau Diperbolehkan Pulang ke Rumah

Konten Redaksi Selasar Riau
RSUD Bengkalis.jpg
RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis, Riau.
SELASAR RIAU, BENGKALIS – Satu dari dua pasien suspect Virus Corona yang dirawat di ruang isolasi RSUD Bengkalis, Riau, diperbolehkan pulang.
ADVERTISEMENT
Langkah ini dilakukan setelah hasil laboratorium terhadap sample swab dinyatakan negatif.
Pasien tersebut sudah meninggalkan RSUD Bengkalis Senin (16/3/2020).
Alhamdulillah, hasil labnya negatif, dan bersangkutan Senin kemarin sudah pulang,” kata Plt Direktur RSUD Bengkalis, dr Ersan Saputra, Selasa (17/3/2020) kepada wartawan saat jumpa pers di ruang pertemuan Lantai IV RSUD Bengkalis.
Ersan ketika itu didampingi Wakil Direktur (Wadir) Bagian Umum dan Keuangan, Heri Pratikno dan Wadir Pelayanan, Rita Puspa.
Ia mengatakan, dengan sudah diperbolehkannya seorang pasien negatif Virus Corona, maka saat ini di RSUD tinggal satu pasien suspect masih menunggu hasil lab.
“Pasien satu ini sudah memasuki hari ke-9, dan kita masih menunggu hasil labnya. Namun demikian, dapat saya sampaikan kalau pasien tersebut saat ini berada dalam kondisi stabil,” kata Ersan.
ADVERTISEMENT
Disamping pasien suspect corona yang berada dalam ruang isolasi, Ersan juga menjelaskan, ada beberapa orang saat ini berada dalam pemantauan.

Ersan menyatakan, ada 10 warga Bengkalis masuk dalam pemantauan, namun mereka belum bisa dimasukkan sebagai suspect.

Jumlahnya kurang dari 10, namun belum bisa dikategorikan suspect.
Menurut Ersan juga menjabat Kadis Kesehatan ini, tidak semua orang yang memiliki gejala-gejala seperti batuk, sesak nafas dan demam tinggi bisa langsung dikategorikan suspect.
Pasalnya, harus melalui pemeriksaan klinis serta riwayat perjalanannya.
“Misalnya kadar leukositnya bagaimana trus hasil pemeriksaan rotgen parunya seperti apa. Termasuk juga riwayat perjalanannya, pernah tidak melakukan perjalanan ke daerah yang terjangkit, misalnya ke Malaysia. Jadi ada tahapan-tahapannya,” kata Ersan lagi.
Direktur RSUD Bengkalis dr Ersan.jpg
DIREKTUR Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bengkalis, dr Ersan Saputra (tengah).
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan