News
·
29 Desember 2020 12:33

Bloody Harpe, si Perampok Ulung yang Membunuh 50 Nyawa

Konten ini diproduksi oleh Selidik
Bloody Harpe, si Perampok Ulung yang Membunuh 50 Nyawa (57172)
Harpe bersaudara, foto: dok. Murderpedia
Pada abad ke-18 Wiley Harpe alias William Harper dikenal sebagai pembunuh sadis sekaligus perampok ulung di sungai Tennessee, Kentucky, Amerika Serikat. Bersama saudaranya Micajah Harpe, mereka kemudian membangun eranya sendiri yang penuh kekerasan.
ADVERTISEMENT
Bahkan Harpe bersaudara kerap dianggap sebagai pembunuh berantai paling awal yang terdokumentasikan di Amerika. Mereka pun dipercaya telah membunuh sebanyak 39 orang, dan mungkin lebih dari 50 orang.
Kisah kesadisan Harpe dalam hal membunuh diketahui aktif selama 2 tahun, yakni antara 1797-1799. Di mana semua pembunuhannya hanya didasari oleh nafsu, ketimbang untuk mendapatkan keuntungan finansial. Sehingga bukanlah hal yang aneh, jika para pengamat sejarah memberi mereka gelar sebagai pembunuh sejati.
Berdasar catatan Killers Cloud, Harpe bersaudara lahir Orange County. Walau demikian mereka bukanlah keturunan asli Amerika, melainkan masih memiliki keturunan Skotlandia. Sejarah mencatat bahwa ayah mereka merupakan loyalis Tory, yang merupakan sosok revolusi saat melawan kerajaan Inggris. William Harper juga menikah dengan Sally Rice, yang merupakan putri dari pendeta baptis.
Bloody Harpe, si Perampok Ulung yang Membunuh 50 Nyawa (57173)
Harpe bersaudara, foto: dok. Criminalelement
Di masanya Harpe bersaudara diceritakan berkawan dengan pemberontak Creek dan Indian Cherokee. Di mana mereka tega melakukan tindak kekerasan terhadap pemukim kulit putih, bahkan suku mereka sendiri. Pada 1917, Harpe tinggal dekat Knoxville, Tennessee. Namun setelahnya mereka diusir dari kota lantaran telah mencuri seekor babi dan kuda.
ADVERTISEMENT
Harpe bersaudara juga dituduh membunuh seorang pria bernama Jhonson, dan tubuhnya ditemukan di aliran sungai dengan kondisi terbelah dua. Peneliti menduga, membunuh dengan cara membelah tubuh korban menjadi dua bagian adalah ciri khas Harpe. Tak hanya itu mereka juga sosok yang tanpa pandang bulu dalam membunuh.
Penulis RE Banta dalam The Ohio menuliskan, bahwa kesadisan Harpe bersaudara terekam ketika mereka membenturkan kepala bayi perempuan ke batang pohon karena tangisannya membuat mereka kesal.
Bloody Harpe, si Perampok Ulung yang Membunuh 50 Nyawa (57174)
Micajah Herpe, foto: dok. Criminalelement
Dari Knoxville, Harpe bersaudara dikabarkan lari ke utara menuju Kantucky. Mereka juga diyakini telah membunuh dan merampok korban bernama Peyton. Tak hanya itu di perjalanannya mereka pun membunuh 2 pelancong dari Maryland.
Kisah hidup Harpe bersaudara pun berakhir cukup tragis. Yakni Micajah Harpe dibunuh pada 24 Agustus 1799. Sedangkan William dijatuhi hukuman mati dan dieksekusi tiang gantungan Mississippi pada 8 Februari 1804.
ADVERTISEMENT
Sumber: https://killer.cloud/serial-killers/show/496/wiley-harpe