Situ Cangkuang, Danau Alami di dalam Kawasan Bersejarah

Seputar Bandung
Menyediakan informasi serba serbi Bandung, mulai dari travel, kuliner, sejarah, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
6 Mei 2024 14:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bandung tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Situ cangkuang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya.Sumber: Unsplash/Muhammad Ruqi Yaddin
zoom-in-whitePerbesar
Situ cangkuang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya.Sumber: Unsplash/Muhammad Ruqi Yaddin
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bandung Barat tidak hanya memiliki keindahan alam saja. Pasalnya, terdapat sejumlah kawasan bersejarah yang menarik untuk dijelajahi di sana. Salah satunya adalah Situ Cangkuang.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman jadesta.kemenparekraf.go.id, danau ini merupakan sebuah wisata alami yang dimiliki Cagar Budaya Candi Cangkuang juga desa wisatanya.
Dengan keberadaannya, danau tersebut menjadi sebuah branding bagi tempat wisata yang ada di desa tersebut. Baik itu tempat wisata yang dikelola kabupaten maupun desa.

Daya Tarik Situ Cangkuang di Bandung Barat

Situ cangkuang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya.Sumber: Unsplash/Fadhila Nurhakim
Situ Cangkuang termasuk salah satu destinasi wisata danau yang menarik untuk dikunjungi. Situ atau danau ini adalah danau alami yang memiliki sarana transportasi berupa rakit.
Pengunjung dapat menaiki rakit untuk menikmati keindahan alam di sekitar danau. Pemandangan perbukitan yang mengelilingi danau akan menambah pesona tempat ini.
Di tengah pulau kecil di Situ Cangkuang, terdapat Candi Cangkuang yang merupakan peninggalan sejarah dari abad ke-8. Candi ini merupakan candi Hindu dan memiliki arsitektur menarik.
ADVERTISEMENT
Selain itu, di pulau yang sama juga terdapat makam penyebar agama Islam, yaitu Embah Arief Muhammad. Candi ini menjadi saksi bisu perjalanan waktu dan menambah nilai sejarah di tempat tersebut.
Untuk sampai ke Candi Cangkuang, pengunjung harus menggunakan rakit. Perjalanan menyusuri danau seluas 15 hektar ini cenderung tenang dan menawarkan pemandangan alam yang unik.

Tiket Masuk dan Jam Buka Situ Cangkuang

Situ cangkuang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya.Sumber: Unsplash/Ismail Hamzah
Untuk menikmati keindahan situ, pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp5.000 per anak, dan Rp10.000 per orang dewasa.
Objek wisata ini buka setiap hari mulai pagi hingga sore hari, yaitu dari pukul 07.00-17.00 WIB. Bagi pengunjung yang tertarik berkunjung ke sana, dapat menyesuaikan dengan jam buka tersebut.

Alamat dan Rute ke Situ Cangkuang

Situ cangkuang. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat sebenarnya.Sumber: Unsplash/Bayu Syaits
Situ Cangkuang memang termasuk wisata yang menarik dan unik untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Cangkuang, Kec. Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Danau ini terletak di Jalan Raya Utama Bandung-Garut yang tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Leles dan Karangsari. Jarak tempuh ke situ sekitar 7,4 km atau 15 menggunakan kendaraan. Berikut adalah rute ke situ untuk panduannya.
Situ Cangkuang adalah destinasi wisata yang memadukan keindahan alam dan nilai sejarah di kawasan Bandung. Dengan pemandangan yang menenangkan, pesona pulau bersejarah, dan udara di sana yang sejuk, tentu akan menambah pengalaman wisata yang lebih mengesankan. (ERI)
ADVERTISEMENT