4 Fakta Mengenai Caracal Kucing Pemburu yang Eksotis

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 23:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fakta mengenai caracal. Sumber: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fakta mengenai caracal. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
Caracal merupakan salah satu jenis kucing liar yang memiliki banyak keunikan. Caracal tergolong kucing berukuran kecil. Fakta mengenai caracal kucing pemburu yang eksotis yang juga kucing tercepat di kelasnya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku International Wildlife Encyclopedia karya Maurice Burton, caracal sangat ahli berburu karena punya kemampuan berlari, melompat, dan memanjat dengan baik.

Fakta Mengenai Caracal

Ilustrasi fakta mengenai caracal. Sumber: pixabay
Demi terhindar dari serangan predator, caracal mengandalkan kemampuan kamuflasenya juga yang cerdik. Berikut penjelasan fakta menarik mengenai caracal.

1. Mempunyai habitat yang beragam

Caracal bisa ditemukan di wilayah Afrika, Asia Tengah, dan area barat daya Asia. Di wilayah Afrika Selatan hingga Namibia, populasi caracal sangat melimpah sampai dianggap termasuk jenis hewan yang pengganggu.
Habitat caracal mulai dari hutan, wilayah padang rumput yang luas, hingga area semak belukar, tetapi cracal menghindari gurun pasir.
Caracal sering kali menempati lubang bekas landak hingga celah bebatuan, terutama untuk caracal betina yang akan tiba waktunya untuk melahirkan.
ADVERTISEMENT

2. Kucing tercepat di kelasnya

Bertahan hidup di banyak jenis habitat membuat caracal memiliki kemampuan berburu yang luar biasa. Caracal merupakan kucing tercepat di antara kucing-kucing liar Afrika yang tubuhnya relatif kecil.
Selain itu, caracal juga merupakan karnivor yang bersifat oportunis. Caracal tidak sepenuhnya membutuhkan daging untuk bertahan hidup, tapi akan makan daging ketika ada kesempatan.
Caracal juga pandai melompat untuk menangkap mangsa. Hewan ini terkadang mencari mangsa yang berada di atas dahan pohon karena memiliki keterampilan memanjat yang baik.

3. Dapat melumpuhkan mangsa yang lebih besar

Caracal bukan termasuk kucing besar namun memiliki kemampuan berburu yang mengerikan yang bahkan bisa melumpuhkan mangsa sebesar dua hingga tiga kali berat tubuhnya.
Cara caracal menghabisi mangsa berbeda. Saat caracal menangkap mangsa bertubuh kecil, caracal akan menggigit bagian tengkuk hingga mangsanya mati.
ADVERTISEMENT
Ketika menangkap mangsa yang besar seperti hewan gazelle, caracal mencekik serta menggigit mangsanya pada bagian kerongkongan.

4. Punya kemampuan kamuflase yang menakjubkan

Caracal memiliki status predator tetapi tidak menempati puncak rantai makanan. Hal ini membuat caracal juga menjadi santapan predator yang lebih kuat. Untuk menghindarinya, caracal punya kemampuan kamuflase yang hebat.
Caracal mempunyai warna bulu yang mirip dengan tanah habitatnya serta akan berusaha membuat tubuhnya sedekat mungkin dengan tanah ketika salam posisi diincar predator.
Demikian penjelasan fakta mengenai caracal kucing pemburu yang eksotis. (ARH)