4 Rekomendasi Efek Gitar Terbaik yang Cocok bagi Pemula

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
23 April 2024 18:58 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rekomendasi efek gitar terbaik. Foto: Jackie Alexander/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rekomendasi efek gitar terbaik. Foto: Jackie Alexander/Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Rekomendasi efek gitar terbaik di antaranya chorus, distorsi, sampai overdrive. Ada berbagai merek efek gitar yang bisa menjadi pilihan tepat, khususnya untuk pemula.
ADVERTISEMENT
Lantas, apa sajakah rekomendasi efek gitar terbaik dan cocok bagi para pemula?

Sederet Rekomendasi Efek Gitar Terbaik yang Cocok untuk Pemula

Ilustrasi rekomendasi efek gitar terbaik. Foto: Bernie A/Unsplash
Dilansir dari situs p2k.stekom.ac.id, gitar mempunyai bagian tubuh pokok dengan leher padat sebagai tempat senar yang biasanya berjumlah enam buah.
Alat musik ini kebanyakan terbuat dari beragam jenis kayu ditambah senar nilon maupun baja. Secara umum, gitar terbagi menjadi akustik serta elektrik. Sementara itu, beberapa gitar modern terbuat dari polikarbonat.
Untuk bisa meningkatkan suara alat musik gitar, diperlukan alat tambahan yang dikenal dengan efek gitar. Alat ini dipakai saat bermain gitar dan berfungsi untuk memanipulasi suara, menghasilkan suara unik, serta membantu gitaris dalam menentukan stem-an gitar yang tepat.
ADVERTISEMENT
Beberapa jenis efek gitar listrik yang harus dimiliki para gitaris antara lain distorsi, overdrive, reverb, delay, chorus, wah, sampai tuner. Lantas, apa saja rekomendasi efek gitar terbaik yang cocok bagi pemula? Berikut beberapa di antaranya.

1. Efek Gitar Behringer Heavy Distortion HD 300

Efek gitar ini sangat cocok dipakai untuk mengiringi lagu-lagu metal, rock, sampai pop punk. Produk ini dilengkapi pula dengan indikator baterai sehingga memudahkan gitaris dalam mengetahui waktu tepat untuk mengecas.
Efek Gitar Behringer Heavy Distortion HD 300 mempunyai cukup banyak knop pengaturan sehingga harus melihat panduan atau tutorial terlebih dahulu. Harganya sekitar Rp500 ribuan.

2. Efek Gitar BOSS Super Chorus

Berikutnya ada Efek Gitar BOSS Super Chorus yang mempunyai kualitas baik dan cocok untuk pemula. Pengaturannya relatif sederhana sebab hanya terdapat empat tombol yang bisa disetel sesuai keinginan. Bukan hanya itu, Efek Gitar BOSS Super Chorus juga dilengkapi output A dan output B sebagai fungsi stereo. Harganya sekitar Rp900 ribuan.
ADVERTISEMENT

3. Efek Gitar Crunchy Distortion

Efek gitar distorsi merek Crunchy cukup simpel, ringan, dengan suara yang berkualitas untuk outdoor maupun indoor. Kendati jenis efek ini adalah distorsi, akan tetapi gitaris bisa memakai untuk efek overdrive dengan setelan low drive. Harga efek gitar ini cukup terjangkau, yaitu berada pada rentang Rp200-Rp400 ribuan.

4. Efek Gitar Joyo Sweet Baby Overdrive

Joyo Sweet Baby Overdrive merupakan efek gitar yang praktis dan cocok dibawa kemana-mana. Karakteristik suara efek gitar ini adalah bright, low gain, dengan tingkat kejernihan suara yang baik. Efek gitar ini dibanderol dengan harga Rp300 ribuan saja.
Demikian rekomendasi efek gitar terbaik yang tepat untuk pemula. Efek gitar diperlukan untuk menghasilkan suara yang lebih baik. (DN)