5 Ciri-Ciri Hamster Jantan dan Betina yang Paling Terlihat Jelas

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 23:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilustrasi Hamster (Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi Hamster (Pixabay)
ADVERTISEMENT
Hamster, mamalia kecil yang menggemaskan dan populer sebagai hewan peliharaan, dimana terdapat beberapa ciri hamster jantan dan betina yang bisa dikenali dengan mudah.
ADVERTISEMENT
Mengetahui perbedaan ini penting bagi pemilik hamster yang ingin memastikan kesejahteraan dan kebersamaan mereka.

Mengenal Hamster

ilustrasi hamster (Pixabay)
Mengutip buku Panduan Lengkap Merawat Hamster: Perawatan, Kesehatan, dan Kebahagiaan Terbaik karya Florinda, diperoleh informasi bahwa riwayat evolusi hamster di perkirakan berasal dari kawasan Timur Tengah dan Eropa Timur.
Hewan ini termasuk kepada kelompok Cricetidae, dan mulai popular untuk dipelihara sejak tahun 1930-an.

Ciri-ciri Hamster Jantan dan Betina

Membedakan hamster jantan dan betina bisa dilakukan melalui beberapa ciri yang mudah diamati. Berikut adalah beberapa ciri paling terlihat yang membedakan hamster jantan dan betina:

1. Jarak Anus dengan Lubang Kelamin

Salah satu cara paling umum untuk membedakan hamster jantan dan betina adalah dengan melihat jarak antara anus dan lubang kelamin.
Pada hamster jantan, jarak antara kedua bagian ini lebih jauh dibandingkan dengan betina. Sedangkan, pada hamster betina, jaraknya lebih dekat karena lubang kelamin dan anusnya berdekatan.
ADVERTISEMENT

2. Ciri Fisik

Selain perbedaan jarak, ciri fisik juga bisa menjadi petunjuk. Hamster jantan cenderung memiliki tubuh yang lebih besar dan panjang daripada betina. Mereka juga biasanya memiliki bulu yang lebih tebal, terutama di sekitar area perut.

3. Karakteristik

Perilaku juga bisa menjadi indikasi jenis kelamin hamster. Jantan cenderung lebih agresif dan suka menandai wilayahnya dengan urin. Mereka juga sering kali lebih aktif secara fisik daripada betina. Sementara itu, betina cenderung lebih tenang dan kurang agresif.

4. Bau Badan

Meskipun hal ini mungkin tidak terlalu jelas, namun hamster jantan sering kali memiliki bau badan yang lebih kuat daripada betina. Ini karena mereka sering menggunakan urin mereka untuk menandai wilayah.

5. Memeriksa Putting

Memeriksa puting hamster juga bisa menjadi cara untuk membedakan jenis kelamin. Hamster betina memiliki dua pasang puting, satu di sisi kiri dan kanan perutnya, sementara hamster jantan tidak memiliki puting atau memiliki puting yang sangat kecil dan sulit diamati.
ADVERTISEMENT
Dalam merawat hamster, penting untuk dapat mengidentifikasi jenis kelaminnya dengan tepat. Dengan memperhatikan ciri-ciri hamster betina dan jantan yang telah disebutkan di atas, pemilik dapat dengan mudah membedakan hamster jantan dan betina.
Hal ini membantu dalam merencanakan perawatan yang sesuai dan juga memastikan keharmonisan antara hamster peliharaan.