7 Fakta Lidah Mertua yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 0:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Hanya Ilustrasi: 7 Fakta Lidah Mertua. Sumber: Pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Foto Hanya Ilustrasi: 7 Fakta Lidah Mertua. Sumber: Pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pecinta tanaman hias lidah mertua biasanya hanya menjadikan tanaman ini sebagai dekorasi rumah. Faktanya lidah mertua juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan lingkungan. Bukan hanya itu, ada fakta lidah mertua lainnya yang menarik untuk diketahui.
ADVERTISEMENT
Penjelasan selengkapnya, simak di sini!

Fakta Lidah Mertua

Foto Hanya Ilustrasi: Fakta Lidah Mertua. Sumber: Pixabay.com
Cahyo Saparinto dan Rini Susiana dalam buku berjudul Grow Your Own Medical Plant, Panduan Praktis Menanam 51 Tanaman Obat Populer di Pekarangan menjelaskan bahwa menurut studi Sansevieria bisa mengatasi pemanasan global dan bisa memberikan hasil positif.
Lidah mertua juga bisa menyerap aneka polutan di udara. Daunnya bisa bekerja sama dengan bakteri yang ada dalam media tanam untuk menyerap polutan, selanjutnya diuraikan menjadi senyawa yang tidak beracun.
Selain itu ada beberapa manfaat lain lidah mertua bagi kesehatan yang jarang diketahui :

1. Sebagai Antiseptik

Lidah mertua bersifat antiseptik dan bisa menghalau racun yang menyerang tubuh. Antiseptik yang terkandung dalam tanaman ini bisa untuk membunuh berbagai kuman dan bakteri.
ADVERTISEMENT

2. Menurunkan Risiko Kanker

Lidah mertua mempunyai kemampuan menyerap sekaligus menyingkirkan polutan udara yang mengandung racun di lingkungan. Beberapa polutan beracun tersebut adalah formaldehida, benzena,toluena, dan xilen.

3. Pemasok Oksigen yang Baik

Universitas Harvard melaporkan bahwa lidah mertua termasuk salah satu tanaman hias yang mampu memberi oksigen dan bermanfaat untuk kesehatan manusia. Lidah mertua bisa menyerap racun sekaligus melepaskan oksigen ke lingkungan sekitar.

4. Menyerap Radiasi

Lidah mertua bisa menyerap radiasi, seperti radiasi dari alat-alat elektronik. Tidak heran lidah mertua sangat cocok diletakkan pada area meja tamu maupun ruangan kerja.

5. Mengobati Wasir

Lidah mertua juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan obat wasir. Wasir adalah sejenis penyakit yang membuat penderitanya sulit buang air besar. Di sini lidah mertua berfungsi membantu melancarkan pembuangan air besar.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Lidah mertua bisa menurunkan risiko penyakit degeneratif, misalnya diabetes. Cara menggunakannya, yakni daun lidah mertua direbus dan diminum supaya dapat menetralisir kadar gula darah yang tinggi.
ADVERTISEMENT

7. Vitamin Rambut

Lidah mertua merupakan tanaman yang bagus untuk memberikan nutrisi pada rambut. Ketika menggunakan vitamin rambut dari lidah mertua maka rambut bisa lembut. Cara menggunakannya mirip lidah buaya, yakni dengan mengoleskan gel lidah mertua ke rambut.
Itulah penjelasan tentang fakta lidah mertua yang bermanfaat dalam dunia kesehatan baik bagi tubuh maupun lingkungan. Semoga membantu! (eK)