Berapa Hari Telur Merpati Menetas? Ini Jawabannya

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
14 Januari 2024 22:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi berapa hari telur merpati menetas. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi berapa hari telur merpati menetas. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berapa hari telur merpati menetas? Telur merpati biasanya akan menetas setelah 17-19 hari. Namun, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti suhu lingkungan dan kualitas telur.
ADVERTISEMENT
Penetasan telur memang selalu akan menjadi waktu yang ditunggu oleh pemilik. Pertanyaan mengenai berapa hari telur merpati menetas akan dijawab melalui artikel di bawah ini.

Berapa Hari Telur Merpati Menetas?

Ilustrasi berapa hari telur merpati menetas. Foto: Pixabay
Burung merpati merupakan jenis burung jinak yang akrab dengan manusia. Burung merpati biasanya dipelihara sebagai ternak hias dan ternak balap.
Burung merpati juga bisa dibudidayakan sebagai burung konsumsi walaupun masih belum banyak diminati. Begitu juga dengan telur merpati yang masih diproduksi dalam skala kecil.
Berdasarkan buku berjudul Buku Ajar Struktur & Komponen Telur karya Fellyanus Haba, telur merpati memiliki ciri warna kerabang putih dengan kemampuan produksi telur per tahun mencapai 50 butir.
Telur burung merpati lebih banyak ditetaskan oleh pemilik. Biasanya, merpati akan bertelur sebanyak 1-2 butir telur yang kemudian dierami oleh induk.
ADVERTISEMENT
Proses pengeraman telur umumnya berlangsung selama 17-19 hari dengan suhu konstan 37,5 °C dengan kelembapan berkisar antara 40-60%. Pemilik perlu memastikan kandang pengeraman selalu bersih.
Pada masa pengeraman, induk betina memiliki peran penting untuk memutar telurnya secara berkala guna mencegah embrio melekat pada dinding telur. Induk juga perlu tetap duduk di atas telur agar suhu stabil dan embrio bisa berkembang dengan baik.
Ada kalanya induk merpati harus meninggalkan kandang untuk makan dan minum. Pemilik perlu melengkapi kandang dengan meletakkan telur di kotak yang memiliki pemanas tambahan.
Kalau telur merpati tidak kunjung menetas, maka pemilik dapat melakukan pemeriksaan dengan hati-hati. Telur yang tidak menetas biasanya terjadi karena telur tidak dibuahi atau sudah rusak.
ADVERTISEMENT
Telur yang sudah tidak bisa lagi menetas, alangkah baiknya diganti dengan telur yang baru. Pemilik juga harus memastikan kualitas telur dan memperhatikan kondisi induk betina.
Demikian adalah jawaban dari pertanyaan berapa hari telur merpati menetas yang patut untuk disimak. (SP)