Konten dari Pengguna

Ciri Khas Teknik Lensa Sudut Ultra Lebar dan Tampilan Foto yang Dihasilkan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
27 April 2024 22:10 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Teknik Lensa Sudut Ultra Lebar. Foto: dok. Unsplash/Andre Furtado
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Teknik Lensa Sudut Ultra Lebar. Foto: dok. Unsplash/Andre Furtado
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Teknik lensa sudut ultra lebar adalah salah satu teknik yang umum digunakan para fotografer untuk mengambil foto dengan hasil yang unik dan berbeda.
ADVERTISEMENT
Untuk dapat melakukan teknik foto satu ini, seorang fotografer perlu serangkaian langkah yang penting untuk diperhatikan.

Mengenal Teknik Lensa Sudut Ultra Lebar

Ilustrasi Teknik Lensa Sudut Ultra Lebar. Foto: dok. Unsplash/Marco Xu
Mengutip buku Menjadi Fotografer dengan Kamera Digital untuk Hobby dan Bisnis oleh Dila Candra Kirana, ‎Vicosta Efran (2012), fotografi merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu Fos yang bermakna cahaya dan Grafo yang bermakna melukis.
Berdasarkan asal-usul istilah fotografi tersebut, disimpulkan bahwa istilah fotografi dapat didefinisikan sebagai proses melukis dengan menggunakan cahaya sebagai media lukisnya. Adanya cahaya dalam pengambilan foto menggunakan kamera tentu berperan besar.
Untuk itu, seorang fotografer perlu mengetahui teknik fotografi yang dapat dilakukan. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah teknik lensa sudut ultra lebar.
ADVERTISEMENT
Teknik ini memberikan ciri khas yang unik dan berbeda dengan pengambilan foto menggunakan teknik lainnya. Biasanya, teknik foto ini diambil untuk mengambil gambar di malam hari atau kondisi cahaya yang minim.
Teknik lensa sudut ultra lebar juga termasuk teknik yang populer karena dapat membantu fotografer bereksplorasi dan menghasilkan foto atau gambar yang unik.
Teknik ini dilakukan dengan menentukan sudut dan perspektif lensa sudut ultra lebar untuk pengambilan foto. Dengan begitu, bidikan jejak cahaya yang dihasilkan akan terlihat lebih menonjol.
Umumnya, pengambilan foto akan dilakukan dengan level mata manusia atau yang dikenal dengan eye level. Namun, hasilnya akan terlihat tidak terlalu istimewa dan kurang berkesan.
Maka dari itu, seorang fotografer dapat mengambil sudut ultra lebar yang membuat hasil foto terlihat lebih hidup.
ADVERTISEMENT
Selain itu, hasil foto yang diperoleh dengan teknik ini akan memberikan sudut pandangan yang lebih luas jika dibandingkan dengan menggunakan teknik lainnya.
Sudut terbaik yang dapat diambil untuk menerapkan teknik ini adalah sudut yang sangat rendah.
Demikian penjelasan ringkas mengenai teknik lensa sudut ultra yang menarik untuk dipelajari. Semoga bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan tentang teknik fotografi. (DAP)