Manfaat Pound Fit untuk Program Hamil dan Tips agar Aman

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 11:30 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pound Fit untuk Program Hamil. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pound Fit untuk Program Hamil. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pound Fit termasuk olahraga yang semakin populer di kalangan perempuan. Bahkan para perempuan yang merencanakan kehamilan pun turut tertarik melakukan latihan fisik ini. Pertanyaannya, adakah manfaat Pound Fit untuk program hamil?
ADVERTISEMENT
Pound Fit merupakan olahraga yang menggabungkan gerakan kardio, kekuatan, dan pilates. Ciri khas lainnya adalah penggunaan Ripstix, yakni tongkat ringan yang dirancang khusus untuk latihan ini.
Dengan melakukan Pound Fit secara konsisten, para peserta akan merasakan manfaat dari segi fisik dan mental secara signifikan. Nah, dua manfaat tersebut termasuk untuk persiapan kehamilan.

Manfaat Pound Fit untuk Program Hamil

Ilustrasi Pound Fit. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Pound Fit termasuk salah satu pilihan olahraga yang ideal untuk perempuan yang sedang menjalani program kehamilan. Ini karena gerakannya tergolong aman dan efektif dalam meningkatkan kebugaran tubuhnya secara keseluruhan.
Pound Fit bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, terdapat manfaat tambahan, seperti mengurangi stres dan meningkatkan mood. Latihan ini juga dapat membantu tubuh mempersiapkan diri untuk kehamilan dengan cara yang menyenangkan dan rileks.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Pound Fit menawarkan fleksibilitas dalam intensitas latihan. Ini memungkinkan peserta untuk menyesuaikan gerakan dengan kemampuan dan kenyamanan mereka.
Penyesuaian ini sangat penting bagi wanita yang mungkin mengalami berbagai perubahan fisik dan tingkat energi selama persiapan kehamilan. Dengan demikian, Pound Fit menjadi solusi ideal bagi mereka yang ingin menjaga kebugaran tanpa merasa tertekan atau terbebani.
Meski begitu, menurut laman PoundFit, tetap konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum ikut kelas Pound Fit. Mereka akan memberikan saran yang lebih sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Tips Aman Melakukan Pound Fit saat Program Hamil

Ilustrasi Pound Fit. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Jika Anda ingin melakukan Pound Fit selama menjalani program kehamilan, simak tips-tips berikut terlebih dahulu:
ADVERTISEMENT

Manfaat Pound Fit untuk Kesehatan

Ilustrasi Pound Fit. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Di samping bermanfaat untuk program kehamilan, simak beberapa manfaat Pound Fit lainnya untuk tubuh berikut ini.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Stamina

Menurut laman Nona Woman, gerakan yang cepat dan intens dalam Pound Fit dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat otot jantung. Hal ini penting untuk perempuan yang sedang mempersiapkan kehamilan karena kesehatan jantung yang baik dapat mendukung kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

2. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood

The Bump menyebutkan bahwa olahraga yang teratur dapat membantu mengurangi hormon stres seperti kortisol, kemudian meningkatkan produksi endorfin atau hormon kebahagiaan. Dengan mengikuti kelas Pound Fit secara teratur, tubuh akan lebih rileks dan bahagia.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Fleksibilitas

Penggunaan Ripstix dalam Pound Fit membantu memperkuat otot-otot tubuh bagian atas, termasuk lengan dan bahu. Sementara itu, gerakan kardio dan kekuatan akan memperkuat otot-otot inti dan kaki.
ADVERTISEMENT

4. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Aktivitas fisik yang melibatkan ritme dan gerakan yang sinkron dengan musik dapat membantu memperbaiki koordinasi motorik dan keseimbangan. Ini bermanfaat jika nantinya seorang perempuan hamil, karena risiko jatuh akan lebih kecil.