Konten dari Pengguna

Tips Mengganti Pot Tanaman Hias untuk Perawatan Maksimal

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
21 Juni 2024 21:53 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Mengganti Pot Tanaman. Foto: dok. Unsplash/Giulia Bertelli
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Mengganti Pot Tanaman. Foto: dok. Unsplash/Giulia Bertelli
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips mengganti pot tanaman adalah langkah mudah yang dapat dijadikan sebagai panduan untuk merawat tanaman agar tumbuh dengan baik. Salah satu tipsnya adalah dengan menyediakan pot yang lebih sesuai dengan ukuran tanaman hias.
ADVERTISEMENT
Selain itu, masih ada beberapa tips lainnya yang dapat dijadikan sebagai referensi mudah.

Tips Mengganti Pot Tanaman Hias yang Mudah Diikuti

Ilustrasi Tips Mengganti Pot Tanaman. Foto: dok. Unsplash/feey
Tanaman merupakan makhluk hidup yang bertumbuh dan berkembang. Maka dari itu, ketika merawat tanaman hias, perlu dilakukan penggantian pot tanaman secara berkala.
Namun, dalam proses repotting atau mengganti pot tanaman, perlu diperhatikan beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa tips mengganti pot tanaman yang dapat diikuti.

1. Pastikan Ukuran Pot Baru Lebih Besar

Mengutip dari dalam buku berjudul Aglaonema Spektakuler yang disusun oleh Dr. Purbo Djojokusumo (2007: 38), mengganti pot perlu mempertimbangkan pot dengan ukuran yang lebih besar.
Hal ini dilakukan agar tanaman induk dan anaknya tetap dapat dipertahankan bersama. Pemilihan pot yang lebih besar juga membantu akar tanaman dapat tumbuh dengan bebas
ADVERTISEMENT

2. Pemilihan Media Tanam

Dikutip dari dalam buku berjudul Tip & Trik Membuahkan Tanaman Buah Dalam Pot yang disusun oleh Silvia Herawati (2012: 67), repotting atau pergantian pot dilakukan dengan cara mengganti media tanam awal dengan media tanam baru.
Pergantian media tanam yang baru dapat berupa media tanam lama yang dicampur dengan tanah subur dan pupuk organik. Dengan kandungan nutrisi yang lebih kaya pada media tanam yang baru, tanaman akan tumbuh lebih baik.

3. Menyiram Tanaman sebelum Memindahkannya

Sebelum memindahkan tanaman ke pot baru, tanaman sebaiknya disirami terlebih dahulu untuk menjaga kelembapan tanaman. Dengan menyiraminya, tanaman berada dalam kondisi yang optimal sehingga meminimalisir risiko tanaman kekeringan saat dipindah ke pot baru.
Pastikan air siraman tanaman mencapai dasar pot agar seluruh bagian akar tanaman mendapatkan asupan air yang cukup. Gunakan air bersih yang ideal untuk menyiram tanaman.
ADVERTISEMENT
Dengan tips mengganti pot tanaman hias ini, pemilik tanaman dapat melakukan perawatan tanaman secara maksimal sehingga tanaman dapat tumbuh dengan lebih leluasa dan lebih subur. (DAP)