Tips Merawat Kebun Tanaman Hias di Rumah Agar Tetap Hijau

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 20:06 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tips Merawat Kebun Tanaman Hias di Rumah. Foto: dok. Unsplash/Marta Bibi
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tips Merawat Kebun Tanaman Hias di Rumah. Foto: dok. Unsplash/Marta Bibi
ADVERTISEMENT
Tips merawat kebun tanaman hias di rumah menjadi hal penting yang perlu diketahui bagi para pencinta tanaman hias. Hal ini dapat membantu seseorang dalam menjaga keasrian lingkungan jika menanam tanaman hias di kebun.
ADVERTISEMENT
Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemangkasan secara teratur. Selain cara ini, masih ada beberapa cara lainnya yang perlu dilakukan.

Tips Merawat Kebun Tanaman Hias di Rumah Agar Tumbuh Subur

Ilustrasi Tips Merawat Kebun Tanaman Hias di Rumah. Foto: dok. Unsplash/Robin Wersich
Dikutip dari buku berjudul Galeri Tanaman Hias Bunga: Panduan Praktis Mengenal Keunikan 645 Varietas Bunga yang ditulis oleh Juwita Ratnasari, SP (2007: 19), seperti namanya, tanaman hias adalah jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai penghias.
Tanaman hias ini dapat menghiasi taman dan pekarangan rumah atau bahkan ruangan dalam rumah. Untuk dapat menjaga tanaman hias agar tetap tumbuh dengan baik, maka perlu diketahui bagaimana cara merawatnya dengan benar.
Berikut ini tips merawat kebun tanaman hias di rumah yang dapat menjadi referensi.
ADVERTISEMENT

1. Pangkas Tanaman Secara Teratur

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik tanpa khawatir terdampak penularan parasit atau hama yang merusak tanaman, maka perlu dilakukan pemangkasan tanaman secara teratur.
Bagian tanaman yang dapat dipangkas antara lain batang atau daun yang terlihat layu atau sudah tidak dapat tumbuh dengan. Selain itu, pemangkasan tanaman juga dapat dilakukan pada kumpulan daun yang terlihat mulai rimbun.

2. Penyiraman yang Cukup

Tanaman hias dapat tumbuh dengan baik jika penyiraman dilakukan dengan cukup. Pastikan penyiraman tanaman tidak dilakukan secara berlebihan sebab dapat membuat tanaman membusuk.
Tak hanya itu, kekurangan penyiraman air juga dapat membuat tanaman menjadi layu dan kering. Frekuensi penyiraman tanaman dapat disesuaikan dengan kondisi dan jenis tanaman.

3. Pastikan Tanaman Hias Mendapat Pasokan Cahaya Matahari yang Cukup

Untuk dapat tumbuh dengan subur, sebaiknya tanaman hias diletakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bagi tanaman hias yang ditanam di dalam ruangan, letakkan tanaman di luar rumah selama beberapa waktu, khususnya pada saat pagi dan sore hari untuk memastikan tanaman mendapatkan asupan cahaya matahari.
ADVERTISEMENT
Bagi tanaman hias yang diletakkan di luar ruangan, pastikan tanaman tidak langsung terpapar sinar matahari dalam tingkat yang tinggi karena dapat menyebabkan tanaman layu dan terbakar.
Itulah sederet tips merawat kebun tanaman hias di rumah yang dapat dijadikan sebagai pengetahuan tambahan yang bermanfaat agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. (DAP)