Tips Belanja di Tanah Abang untuk Belanja Tanpa Kendala

Seputar Jakarta
Mengulas serba serbi kota Jakarta, mulai dari sejarah, pariwisata, kebudayaan, dan lainnya.
Konten dari Pengguna
9 Maret 2024 16:41 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Jakarta tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tips belanja di tanah abang. Bukan foto sebenarnya, gambar hanya ilustrasi. Sumber foto: Pexels/Krisztina Papp
zoom-in-whitePerbesar
Tips belanja di tanah abang. Bukan foto sebenarnya, gambar hanya ilustrasi. Sumber foto: Pexels/Krisztina Papp
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada beragam tips belanja di Tanah Abang yang bisa diikuti agar momen belanja jadi lebih nyaman dan lebih hemat. Tanah Abang merupakan salah satu sentra perbelanjaan terbesar dan tertua di Indonesia. Di sini, banyak barang berkualitas bagus dijual murah.
ADVERTISEMENT
Menurut BATAVIA 1740 – Menyisir Jejak Betawi, Windoro Adi, (2013: 387), Tanah Abang dulunya hanya dikenal karena lahan pemakamannya. Setelah penyerbuan Pasukan Mataram pada tahun 1628, tempat ini baru disebut sebagai Tanah Abang.
Seiring berkembangnya waktu, tempat ini berkembang menjadi pasar dan pusat perbelanjaan yang orang-orang kenal di masa kini.

Tips Belanja di Tanah Abang

Tips belanja di tanah abang. Bukan foto sebenarnya, gambar hanya ilustrasi. Sumber foto: Pexels/Ricky Esquivel
Ada beberapa tips belanja di Tanah Abang yang bisa diikuti agar aktivitas lebih belanja lebih aman, nyaman, dan hemat uang serta hemat waktu.

1. Belanja Grosir

Di Tanah Abang, ada banyak barang dijual secara grosir, dan seringkali membeli barang dalam jumlah banyak harganya jadi lebih murah. Oleh karena ini, direkomendasikan membawa koper untuk menampung belanjaan yang banyak.
ADVERTISEMENT

2. Pelajari Denah Pasar

Mengetahui denah pasar Tanah Abang akan membantu pengunjung menghemat waktu dan energi, karena kawasannya sangat besar.
Selain itu, barang-barang yang dijual di Blok A dan B, yang terletak di dalam pasar biasanya lebih murah karena tidak perlu bersaing dengan banyak pedagang lain di emperan. Denah Tanah Abang bisa diakses secara online dari berbagai sumber yang tersedia.

3. Buat Daftar Barang yang Mau Dibeli

Mencatat apa-apa saja yang mau dibeli juga merupakan salah satu cara untuk berbelanja lebih efisien di Tanah Abang, karena pasar ini menyediakan bermacam-macam toko. Hal ini juga bermanfaat dalam membantu menyiapkan bujet sebelum berbelanja.
Karena rata-rata pedagang tidak menerima pembayaran non-tunai, membawa uang tunai wajib hukumnya. Namun, membawa terlalu banyak uang tidak disarankan karena risiko pencurian. Jadi pastikan siapkan daftar barang yang mau diborong, estimasi harga, dan jumlah uang tunai yang sesuai.
ADVERTISEMENT

4. Gunakan Tas Selempang Hadap Depan

Menggunakan tas selempang yang dipasang di bagian depan badan tidak hanya praktis kala transaksi berlangsung, tapi juga lebih aman. Karena ramainya pasar ini, pengunjung sering berdesak-desakkan dan risiko pencopetan juga jadi lebih tinggi.

5. Datang Lebih Pagi

Mengunjungi pasar lebih pagi akan memastikan aktivitas belanja lebih nyaman karena pengunjungnya belum terlalu banyak. Tanah Abang mulai jam 6 pagi. Selain sepi pengunjung, aktivitas tawar-menawar juga biasanya lebih lancar di pagi hari karena pembelinya belum banyak.
Beberapa tips belanja di Tanah Abang yang bisa diikuti agar momen belanja lebih menyenangkan, efisien, dan tidak menghabiskan uang. (PNA)