Kumplus- Opini Seno Gumira Ajidarma 4

Mandalika Mintaraga

Seno Gumira Ajidarma lahir tahun 1958. Bekerja sebagai wartawan sejak tahun 1977. Menulis fiksi maupun nonfiksi, dalam media massa maupun jurnal ilmiah, mendapat sejumlah penghargaan sastra, dan mengajar di berbagai perguruan tinggi.
30 Januari 2022 9:31
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mandalika memang masih baru, tetapi inilah impian Indonesia mutakhir akan sebuah sirkuit balap internasional yang sejak lama memasuki wacana pencitraan Indonesia. Impian yang sudah menjadi kenyataan, ya, fisiknya—tetapi ini lebih serius dari sekadar mimpi, atau sebaliknya impian memang begitu serius dalam kebudayaan. Sirkuit Mandalika sebagai produk budaya urban, dalam proses dibentuk-membentuk, jelas berada di dalamnya.
Pada masa pra-Orde Baru, dalam hiruk-pikuk politik semasa “demokrasi terpimpin”, ketika lebih sering terlihat antrean minyak tanah dan pawai partai-partai di jalanan, saat jargon-jargon sosialisme-komunisme seperti “sama rata sama rasa” terakrabi, kosakata “investasi”, “kompetisi”, dan apalagi “kapital” tentu saja asing.
Namun serentak dengan terbukanya pintu investasi modal asing dan jalanan dipenuhi sepeda motor Jepang, perubahan politik yang disusul perubahan kebijakan ekonomi segera saja memengaruhi perubahan perilaku sosial—secara keseluruhan menjadi suatu gejala kebudayaan.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanplus
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanplus
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Konten Premium kumparanplus
Dalam teori warung kopi saya, setidaknya ada tiga penyebab kurangnya pengetahuan: (1) malnutrisi atau kurang gizi; (2) kurang membaca; (3) terjebak kuasa wacana. Kolom Seno Gumira Ajidarma di kumparanplus. Rutin tiap Minggu.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten