• 3

Berawal dari Kerja Magang, Harival Zayuka Sukses Jadi Travel Vlogger

Berawal dari Kerja Magang, Harival Zayuka Sukses Jadi Travel Vlogger


Travel Influencer, Harival Zakuya (COV)

Travel Influencer, Harival Zakuya (Foto: Instagram @harivalzayuka)
Kerap mengunggah foto atau video ke akun media sosial bisa menjadi ladang pekerjaan seseorang. Terlebih lagi jika foto yang diunggah menarik dan berhubungan dengan liburan. Inilah yang dilakukan oleh Harival Zayuka, seorang travel influencer asal Indonesia yang menjadikan hobinya sebagai pekerjaan dengan memanfaatkan media sosial.
Berawal dari hobinya berjalan-jala, pria 23 tahun ini akhirnya memutuskan menjadi seorang travel influencer. Ia memulai kariernya sejak 2014 lalu melalui Instagram, YouTube dan Twitter.
"Awal mula menyukai dunia traveling ini terjadi tiga tahun lalu, tepatnya Juli 2014 saat pertama kali pergi jauh dari rumah untuk kerja praktik dari kampus di Bali. Selama 1,5 bulan disana, aku selalu menyempatkan diri jalan-jalan ke pantai." tuturnya saat dihubungi kumparan (kumparan.com) beberapa waktu lalu.
Tak hanya di Bali saja, waktu luang yang dimiliki juga digunakan untuk pergi berwisata ke Lombok. Di sana, ada orang yang menyarankanya untuk pergi ke Gunung Rinjani. Tanpa pikir panjang, pria yang akrab disapa Harival langsung memutuskan mendaki Gunung Rinjani bersama teman-temannya.

Harival Zakuya di Gunung Rinjani

Harival Zakuya di Gunung Rinjani (Foto: Instagram @harivalzayuka)
Dari situlah, ia memutuskan untuk menjadi seorang travel vlogger. Namun pada awalnya, hal itu tidak berjalan mulus. Penolakan dari orangtua pernah dialaminya lantaran mereka menganggap bahwa ia hanya ingin hura-hura saja. Tak hanya dari orang tua saja, ia juga sering dipandang sebelah mata karena pekerjaannya ini.
"Sampai sekarang (dipandang sebelah mata), oleh orang-orang di daerah aku berasal, di kampung halaman aku. Karena mereka itu berpikiran, kalau bekerja ya harus di kantor, berdasi dan ber-jas," katanya.
Tetapi justru sebaliknya, dengan tekun melakoni pekerjaannya sekarang, ia kini dapat mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari.
Saat ditanya destinasi wisata apa yang paling menarik dikunjungi, dengan mantap ia mengatakan Suku Pedalaman Mentawai dan Waerebo. Sedangkan untuk wisata bahari, ia memilih Wakatobi dan Taman Nasional Komodo.

Harival Zakuya di Gili Lawa Darat

Harival Zakuya di Gili Lawa Darat (Foto: Instagram @harivalzayuka)
Meski terasa asyik berkeliling Indonesia, rupanya ia juga pernah mendapatkan pengalaman buruk.
"Pernah hampir mati saat menyeberangi selat yang ada di antara Pulau Sipora dengan Pulau Siberut di Kepulauan Mentawai. Saat itu lagi Badai, dan aku lagi shooting bersama tim My Trip My Adventure. Kapal yang aku tumpangi hampir terbalik dikarenakan badai dan ombak nya melebihi kapal," kenang Harival.
Ia mengaku, pekerjaanya ini membuat dirinya kurang tidur untuk bergadang menulis konten blog ditengah anggapan masyarakat yang menganggap pekerjaanya hanya bersenang-senang. Tapi itu semua rupanya membuahkan hasil.

Harival Zakuya di Nusa Penida (NOT COV)

Harival Zakuya di Nusa Penida (Foto: Instagram @harivalzayuka)
Hingga kini, ia sudah bekerja sama dengan instansi dari pemerintah maupun swasta. Sebut saja Kementrian Pariwisata Indonesia, Dinas Pariwisata Mentawai, Program TV My Trip My Adventure, Grab Indonesia, Tokopedia, Motorola, Axis Provider, Aqua, Sangobion, Pokka Lemon Tea, Traveloka dan masih banyak lagi.

TravelLombokVloggerWakatobi

500

Baca Lainnya