kumparan
3 Desember 2017 16:01

Mengenal Stand-Up Paddleboarding, Olahraga Air Favorit Menteri Susi

Menteri Susi Saat Bermain Paddle Board
Aksi Menteri Susi saat bermain Paddle Board. (Foto: Ridho Robby/kumparan)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dikenal sangat suka dengan laut. Dia bahkan menyatakan bahwa menyatu dengan laut adalah caranya menghilangkan penat. Bahkan hobinya pun berhubungan dengan air, yakni main paddle board.
ADVERTISEMENT
Usai meresmikan Sail Sabang 2017 misalnya, Susi terlihat asyik bermain paddle board di laut Pantai Lubang Buaya. Lalu pada Maret lalu, dia mengunggah foto dirinya tengah paddling di Pangandaran, Jawa Barat, lewat kicauannya di Twitter. Foto itu menjadi viral karena Susi terlihat nyentrik saat mendayung paddle board.
Penasaran dengan paddling, hobi Menteri Susi? Istilah paddling sebenarnya mengarah pada kegiatan mengayuh menggunakan paddle atau dayung yang tidak terhubung dengan perahu. Paddle dapat disertai satu atau dua bilah dayung yang dihubungkan tangkainya.
Jika kamu perhatikan, Susi selalu menggunakan dayung dengan satu bilah dan mengayuhnya sambil berdiri di atas paddle board. Paddling jenis ini kerap disebut stand-up paddleboard atau disingkat SUP.
Stand-up paddleboarding.
Stand-up paddleboarding. (Foto: Pixabay)
Stand-up paddleboarding berasal dari Hawaii pada 1976-an, dengan sebutan lokalnya Hoe he’e nalu. Dulunya kegiatan ini dilakukan untuk membantu navigasi gelombang laut. Namun kini berkembang menjadi olahraga air yang bisa dilakukan di danau, sungai, bahkan laut.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui, stand-up paddleboarding adalah olahraga air yang paling cepat tumbuh. Pertama kali dilakukan di pantai-pantai Amerika Serikat pada 2004, stand-up paddleboarding kini makin populer.
Pada 2013, dilaporkan bahwa SUP adalah aktivitas outdoor dengan jumlah pemula terbanyak di Amerika Serikat. Maka tak heran, peralatan SUP laku keras di pasaran.
“Alasan mengapa banyak orang beralih ke paddleboarding adalah aktivitas itu melatih kekuatan, kardio, keseimbangan, dan fleksibilitas di seluruh bagian tubuh. Plus, sangat menyenangkan berada di atas air dan menikmati alam sehingga tidak terasa seperti olahraga,” tutur Cody White, instruktur PaddleFit dan co-founder Finger Lake Paddleboard, dilansir dari Mens Fitness.
Stand-up paddleboarding.
Stand-up paddleboarding. (Foto: Pixabay)
Jika dilihat dari tekniknya, sebenarnya SUP adalah hibrid dari surfing dan canoeing. Berdiri di atas paddle board mengadopsi teknik surfing dan mengayuh dengan dayung milik teknik canoeing. Penyebutan SUP di tiap-tiap negara juga berbeda. Ada yang menyebutnya standup paddling atau standup paddle surfing.
ADVERTISEMENT
Para pemula disarankan untuk memulai SUP di perairan yang tenang untuk belajar menjaga stabilitas. Baru kemudian boleh menjajal di laut seperti Menteri Susi. Tertarik untuk mencoba stand-up paddleboarding?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan