News11 Agustus 2020 18:27

Mahasiswa KKN Undip Bantu Masyarakat Atasi Stres Selama Pandemi Covid-19

Konten kiriman user
Mahasiswa KKN Undip Bantu Masyarakat Atasi Stres Selama Pandemi Covid-19 (818539)
Mahasiswa sedang menjelaskan kepada salah satu warga mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan mental di tengah Covid-19 dan New Normal.
Bengkulu (11/08), Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro periode 2019/2020 telah melaksanakan program KKN di wilayah Kota Bengkulu tepatnya di RT 04/ RW 02 Kelurahan Panorama. Program yang dilaksanakan adalah psikoedukasi kepada warga mengenai bagaimana menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 dan New Normal.
ADVERTISEMENT
Program ini dilaksanakan sesuai dengan analisis kebutuhan yang telah dilakukan sebelumnya, bahwa banyak masyarakat yang mengalami stres atau tekanan. Stres yang dialami warga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti menurunnya penghasilan, kehilangan pekerjaan, dan kehilangan kebebasan untuk keluar rumah. Ketika stres ini tidak diatasi dengan cara yang tepat maka akan berujung pada stres yang berkepanjangan bahkan depresi. Maka penting untuk kita menjaga kesehatan mental karena kondisi seperti ini membuat kita rentan terhadap emosi negatif dan stres.
Program psikoedukasi yang dilakukan menggunakan media leaflet dengan berisi beberapa materi, yaitu mengenal emosi dasar manusia, pentingnya melakukan regulasi emosi, dan cara yang dapat dilakukan untuk tetap sehat mental di tengah pandemi Covid-19 dan New Normal. Psikoedukasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental, terutama di tengah pandemi yang dapat menjadi penyebab stres bagi masyarakat.
ADVERTISEMENT
Ditulis oleh : Silvi Holkyah-Fakultas Psikologi
Dosen KKN : Nenik Woyanti, S.E., M.Si
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white