Pemetaan Penggunaan Lahan Desa Keden berbasis GIS oleh Mahasiswa Tim I KKN Undip

Sintia Debora Tambun
Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro
Konten dari Pengguna
8 Februari 2024 20:47 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sintia Debora Tambun tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Desa Keden 06 Februari 2024 KKN Tim I Universitas Diponegoro 2023/2024 melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Keden, Klaten. Salah satu program monodisiplin yang dilakukan adalah pemetaan penggunaan lahan menggunakan software berbasis Geographic Information System (GIS)
Pelaksanaan Proker Monodisiplin Pendampingan Pembuatan Peta Guna Lahan oleh Sintia Debora Tambun Mahasiswa KKN TIM I UNDIP 2023/2024
Desa Keden, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten merupakan salah satu desa yang berkembang menjadi kawasan perkotaan, memiliki tranformasi struktur dan fungsi lahan yang pesat, khususnya pada penggunaan lahan permukiman, perdangan dan jasa, industri berskala rumahan. Hal ini sejalan dengan apa yang tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Klaten 2021-2041 dimana Kecamatan Pedan merupakan kawasan perkotaan yang menjadi Pusat Pelayanan Kawasan khususnya sebagai pusat kegiatan industri, perdagangan dan jasa yang berkelanjutan.
ADVERTISEMENT
Proses pembuatan peta guna lahan Desa Keden dilaksanakan melalui survei lapangan untuk mendapatkan gambaran kondisi eksisting penggunaan lahan. Nantinya diselaraskan dengan citra satelit dengan menggunakan google earth. Data hasil survei lapangan dan data citra diteliti juga diolah dengan menggunakan software berbasis Geographic Information System (GIS) yakni Quantum Geographic Information System (QGIS) untuk menghasilkan Peta Tata Guna Lahan.
Peta Klasifikasi Penggunaan Lahan Desa Keden, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten 2024
Hasil dari peta penggunaan lahan di Desa Keden menunjukkan bahwasannya penggunaan lahan di desa didominasi oleh penggunaan lahan permukiman, lahan sawah, perdagangan dan jasa dan industri kecil skala rumahan mapun menengah. Hasil klasifikasi penggunaan lahan di Desa Keden sudah selaras dengan yang telah direncakan pada RTRW Kabupaten Klaten.
Dengan melihat penggunaan lahan ini, maka dapat diperkirakan kebutuhan lahan selama beberapa tahun ke depan. Perkiraan ini dilakukan melalui proyeksi kebutuhan ruang yang dapat diperhitungkan melalui proyeksi penduduk. Harapanya dengan mengetahui kebutuhan ruang yang diperlukan dimasa yang akan datang, pemerintah desa keden dapat membuat perencanaan desa dan kebijakan terkait distribusi penggunaan lahan di Desa Keden.
ADVERTISEMENT
KKN TIM I UNDIP 2023/2024
Penulis : Sintia Debora Tambun – Perencanaan Wilayah dan Kota 2020
Dosen Pembimbing Lapangan :
Prof, Dr.rer.nat. Thomas Triadi Putranto, S.T. M.Eng. IPU.Asean Eng
Fajrin Pramana Putra, S.P., M.Sc.
Riandhita Eri Werdani, S.M.B., M.S.M.