Pencarian populer

Cara Belajar Memulai Bisnis Online Untuk Para Pemula

SINYALMAGZ.com – Selain untuk menjalin komunikasi, internet saat ini juga telah memunculkan dunia virtual yang mendorong kita untuk membangun bisnis dengan cepat. Dengan membuka bisnis online, para pengusaha pun bisa menawarkan produknya ke semua pengguna internet.

Apalagi saat ini konsumen yang berorientasi pada teknologi lebih menyukai sesuatu yang cepat dan praktis.

Hal ini membuktikan bahwa bisnis online menawarkan peluang tinggi bagi para pebisnis pemula yang ingin menjadi wirausahawan.

Nah, jika kamu tertarik untuk berbisnis online, berikut tips yang dapat kamu terapkan saat akan memulai berbisnis online di dunia virtual seperti internet.

1. Target pasar

Hal penting dalam memulai bisnis online adalah target pasar. Dan saat menentukan target pasar, kamu bisa mempertimbangkan dua hal.

Yang pertama adalah usia. Dan yang kedua adalah karakter demografi atau penghasilan yang didapatkan konsumen per bulannya.

Kedua hal tersebut bisa kamu jadikan patokan dalam menentukan kriteria konsumen.

Penentuan target pasar ini juga akan membantu kamu dalam menentukan harga barang yang akan kamu jual, agar tidak terlalu tinggi bagi konsumen yang sudah kamu targetkan.

2. Tentukan apa yang ingin dijual

Menentukan apa yang ingin dijual sangatlah penting dalam memulai bisnis. Kebanyakan orang biasanya salah dalam mengambil keputusan pada tahap ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan masyarakat.

Hal itulah yang menyebabkan para pebisnis pemula banyak yang berakhir dengan gulung tikar alias bangkrut, karena barang yang mereka jual sepi pembeli.

Disarankan untuk melakukan riset produk, dan carilah produk-produk yang cepat laku atau sedang tren dan perputarannya cepat.

3. Pasang harga bersaing

Penting sekali hal ini diterapkan. Coba cari tahu mengenai pebisnis lainnya yang memiliki barang dagangan mirip dengan milik kamu.

Dengan begitu, kamu bisa memasang harga yang pas untuk barang dagangan kamu.

Sedikit tips, cobalah untuk membanderol harga lebih murah dari pebisnis lain, agar konsumen lebih tertarik untuk berbelanja di tempat kamu.

4. Modal

Jika sudah terjun ke dunia bisnis online, sebenarnya tidak terlalu rumit memikirkan modal. Kamu bisa langsung menghemat modal dengan tidak membuka toko fisik.

Lagi pula, banyak cara untuk memperoleh modal, yaitu dengan mencari sponsor, berbisnis patungan, atau pinjam uang ke bank.

Namun, jika kamu memiliki modal pas-pasan dan tidak ingin terlilit hutang, kamu bisa langsung memulai bisnis online dengan cara menjual barang yang sedang banyak dicari konsumen.

Sehingga stok produk akan cepat habis terjual, dan modal pun segera dapat diputar kembali.

5. Buka toko online

Jika semua langkah di atas sudah kamu lakukan, yang terpenting sekarang adalah membuka toko online pertama kamu.

Banyak yang kamu butuhkan untuk membuka toko online pertama kamu, antara lain cari dan gunakan tema atau desain yang menarik untuk toko online kamu, agar pembeli tertarik untuk melihat-lihat dan akhirnya memutuskan untuk membeli.

Selain itu, kamu juga harus sangat mengenal produk kamu terlebih dahulu sebelum menjualnya.

Kamu harus paham betul terbuat dari apa produk dagangan kamu itu, apa saja fungsi dari produk itu, dan apa manfaatnya kalau memakai produk dagangan kamu.

 

Halaman selanjutnya:

The post

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Rabu,22/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22