kumparan
KONTEN PENGGUNA
27 Desember 2019 14:53

Star Wars: The Rise of Skywalker Hampir Lengserkan The Last Jedi

Star Wars: The Rise of Skywalker
Star Wars: The Rise of Skywalker berhasil meraup US$177,4 juta pada akhir pekan debut dan menjadikannya sebagai film ketiga terlaris yang dirilis pada bulan Desember 2019.
ADVERTISEMENT
 
Untuk trilogi Star Wars, The Rise of Skywalker masih harus menyusul kedua sekuelnya yang berpendapatan The Force of Awakens (US$248 juta) dan The Last Jedi (US$220 juta). Namun secara global, Episode IX bertahan lebih baik dibandingkan The Last Jedi apabila dilihat dari indikator awal, dilansir Forbes.
 
Pada awal rilisnya, Star Wars: The Rise of Skywalker mencapai US$29,3 juta di awal debutnya dan disusul dengan US$40,3 di minggu berikutnya. Sementara The Last Jedi, menurun 58% dari hari Minggu ke Senin di tahun 2017 lalu.
 
Star Wars: The Rise of Skywalker (Engadget)
 
 
Namun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Pertama, The Last Jedi dibuka pada 15 Desember, sangat jauh dari liburan Natal.
ADVERTISEMENT
 
Seperti yang kita ketahui Episode IX rilis pada hari Rabu di mana banyak keluarga bersama-sama merayakan Natal di hari Senin. Itu artinya banyak orang mengambil cuti dari pekerjaan atau sekolah.
 
Saat tulisan ini dibuat, Star Wars: The Rise of Skywalker naik 60 persen dibandingkan dengan pendapatan bruto di hari Selasa (US$20 juta) dan menghasilkan tambahan US$32 juta. Dengan itu, kini episode IX telah meraup US$258 juta di Amerika Serikat.
 
 
Poster Star Wars: The Rise Of Skywalker (Lucasfilm)
 
 
Dilihat dari pertumbuhan global, film ini dapat dikatakan baik sebab mampu menghasilkan US$258 juta di AS dan total mencapai US$517,7 juta. Jika angka ini terus naik, maka tak diragukan lagi bahwa Skywalker akan melewati angka US$1 miliar dalam beberapa minggu mendatang. Namun pendapatan tersebut akan mencapai US$1,33 seperti yang dihasilkan The Last Jedi?
ADVERTISEMENT
 
Bagi Disney dan Lucas Film, masalah yang mereka hadapi saat ini adalah kritikan khalayak. The Last Jedi menjadi sebuah film yang menghasilkan kritikan positif pada semesta Star Wars. Sayangnya, Star Wars: The Rise of Skywalker justru hanya mendapatkan rating 55 persen pada Rotten Romatoes dengan peringkat penonton 86 persen.
 
Hal ini berbeda dengan apa yang terjadi pada The Last Jedi dengan perolehan rating 91 persen dengan 42 peringkat penonton. Well, setidaknya Disney  dapat menikmati pendapatan The Rise of Skywalker!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan