Bola & Sports
·
17 April 2020 12:02

Temasuk Eks Timnas Indonesia, 5 Pesepak Bola Ini Sempat Terjerat Narkoba

Konten ini diproduksi oleh Sportainment
Temasuk Eks Timnas Indonesia, 5 Pesepak Bola Ini Sempat Terjerat Narkoba (110888)
Ilustrasi Narkoba Foto: Pixabay
Godaan mengkonsumsi narkoba bisa menyerang siapa pun, tak terkecuali para pesepak bola. Faktornya pun bisa bermacam-macam. Bisa jadi karena pergaulan, stres, hingga kemampuan finansial untuk membeli obat-obatan terlarang tersebut.
ADVERTISEMENT
Dalam dunia olahraga, penggunaan narkoba tidak dapat ditolelir. Bahkan, beberapa pemain terpaksa dikeluarkan dari klub karena kedapatan menggunakan obat-obatan terlarang.
Tidak hanya pesepak bola luar negeri saja. Salah satu mantan pemain Timnas Indonesia pun pernah tersandung kasus narkoba. Penasaran? Berikut ulasan lima pesepak bola yang pernah terjerat kasus mengkonsumsi narkoba.

1. Adrian Mutu

Temasuk Eks Timnas Indonesia, 5 Pesepak Bola Ini Sempat Terjerat Narkoba (110889)
Adrian Mutu. (Foto: Wikimedia Commons)
Adrian Mutu merupakan salah satu pesepak bola yang pernah tersandung kasus narkoba. Ia kedapatan memakai obat terlarang jenis kokain pada tahun 2004.
Karena ulahnya tersebut, pemain yang saat itu bermain untuk Chelsea, langsung diberhentikan oleh manajeman klub. Ia juga mendapat hukuman larangan bermain selama tujuh bulan.

2. Mark Bosnich

Temasuk Eks Timnas Indonesia, 5 Pesepak Bola Ini Sempat Terjerat Narkoba (110890)
Mark Bosnich. (Foto: wikipedia.org)
Mark Bosnich adalah penjaga gawang yang sempat membela Manchester United. Selama kariernya, ia kerap membuat kontroversi. Mulai dari melakukan salam Nazi sampai ugal-ugalan di jalan pernah ia lakukan.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 2003, pemain asal Australia ini kedapatan menggunakan kokain. Diketahui, ia bisa mengkonsumsi kokain sebanyak 10 gram per harinya. Karena hal ini, ia dilarang bermain selama 9 bulan oleh FA.

3. Paul Gascoigne

Temasuk Eks Timnas Indonesia, 5 Pesepak Bola Ini Sempat Terjerat Narkoba (110891)
Paul Gascoigne. Foto: Instagram @paul_gascoigne8
Paul Gascoigne merupakan mantan pemain Timnas Inggris yang sempat bersinar pada Piala Dunia 1990. Namun, kariernya hancur karena ia kecanduan alkohol dan narkoba.
Akibatnya, Timnas Inggris terpaksa mengeluarkannya dari tim pada tahun 1998. Bahkan, sampai ia memutuskan pensiun pada umur 34 tahun, Paul belum bisa mengalahkan kecanduannya terhadap alkohol dan narkoba.

4. Diego Maradona

Temasuk Eks Timnas Indonesia, 5 Pesepak Bola Ini Sempat Terjerat Narkoba (110892)
Maradona. Foto: AFP/JOEL ROBINE
Sang legenda sepak bola juga ternyata pernah kedapatan memakai narkoba. Pada tahun 1991, Maradona diketahui mengkonsumsi narkoba jenis kokain.
Karena itu, ia pun dijatuhi hukuman larangan bermain selama 15 bulan. Ia juga diharuskan membayar denda sebesar 70 ribu dolar (sekitar Rp 1,1 miliar).
ADVERTISEMENT

5. Kurniawan Dwi Yulianto

Temasuk Eks Timnas Indonesia, 5 Pesepak Bola Ini Sempat Terjerat Narkoba (110893)
Kurniawan Dwi Yulianto ketika masih menjadi staf pelatih di Timnas Indonesia junior. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Kurniawan Dwi Yulianto merupakan salah satu pesepak bola bertalenta yang pernah dimiliki Indonesia. Sayangnya, kariernya tersebut pernah dinodai dengan terjerat kasus narkoba.
Pada tahun 1997, Kurniawan sempat kedapatan mengkonsumsi narkoba jenis sabu. Meski begitu, kini ia telah bersih dan tidak mengkonsumsi narkoba lagi. (jul)