Pencarian populer

5 Destinasi Wisata Sembalun yang Dijamin Bikin Kamu Terpukau

Bukit Selong, Sembalun (Foto: @sebutsajalele vias Instagram/@sebutsajalele)

Masih ada sejuta pesona alam Indonesia Timur yang luput dari mata dunia. Selain Labuan Bajo dan Raja Ampat, wilayah paling eksotis di Indonesia ini juga punya Lombok yang daya pikatnya tak bisa kamu pandang sebelah mata.

Jika bicara Lombok, pikiran kamu pasti akan langsung tertuju pada Kepulauan Gili yang cantik. Di sana, kamu bisa dengan puas menikmati sepoinya angin pantai di Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

Geng kepulauan cantik yang terletak di wilayah Nusa Tenggara Timur ini memang terkenal akan lautnya yang biru dan pasirnya yang putih. Lombok yang tenang pun sukses dilirik sebagai alternatif berlibur bagi komunitas pecinta pantai.

Khusus untuk kamu yang sudah bosan merasakan panasnya hawa pantai, mengapa tak coba untuk berpetualang ke Sembalun?

Sembalun, Lombok (Foto: Flickr/Dian Ridya Prastiti)

Sembalun merupakan kecamatan yang berada di kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa Sembalun Lawang sendiri hanya berjarak 45 kilometer dari Lombok Timur.

Persisnya, Sembalun berada di kaki Gunung Rinjani nan termahsyur. Dengan ketinggian mencapai 12.224 kaki, maka tidaklah mengherankan jika gunung ini jadi incaran seluruh pecinta gunung Indonesia. Tak sedikit pula pendaki asing rela terbang dari jauh hanya demi merasakan pengalaman menakjubkan yang ditawarkan Rinjani.

Dengan posisinya yang strategis, Sembalun tentunya punya segudang destinasi wisata menarik yang bisa kamu eksplor sepuasnya. Berikut ini, kumparan (kumparan.com) sudah mempersiapkan sederet daftar destinasi wisata yang wajib kamu sambangi ketika berada di Sembalun.

Apa saja, sih?

1. Gunung Rinjani

Loading Instagram...

Jika sudah menginjakkan kaki ke Sembalun, tak ada yang lebih seru dibanding coba menjajal ketinggian Gunung Rinjani! Gunung tertinggi kedua di Indonesia ini bisa dikatakan sebagai gunung favorit tak hanya pendaki Indonesia, namun juga dunia.

Namun jika ingin mendaki Rinjani, sebaiknya persiapkan mental dan fisik dengan baik terlebih dahulu, ya. Mungkin kamu bisa mulai dengan 'pemanasan' mengelilingi Sembalun lebih dulu.

2. Danau Segara Anak

Loading Instagram...

Jika menaklukkan puncaknya terasa begitu berat untuk kamu, Danau Segara Anak siap memanjakan mata kamu dengan keindahan tiada tara. Tak sedikit yang menyebut danau ini sebagai surga tersembunyi Lombok.

Namun, untuk bisa sampai ke danau ini memang membutuhkan usaha yang tak sedikit. Karena kamu harus sedikit berjuang mendaki hingga ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

Begitu tiba di Danau Segara Anak, seluruh peluh yang kamu rasakan akan terbayar lunas dengan pesona yang terhampar nyata. Dan yang menjadikan danau ini semakin istimewa adalah posisinya yang penting di mata umat Hindu Indonesia.

Beberapa waktu sekali, banyak umat Hindu datang khusus untuk melakukan ritual keagamaan. Sungguh terasa sakral.

3. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Loading Instagram...

Sungguh merupakan lokasi sempurna bagi kamu yang rindu menghirup segarnya hawa pegunungan. Sebuah kemewahan yang kini tak bisa lagi kamu temukan di perkotaan, khususnya Jakarta. Taman ini terletak di kawasan Hutan Rinjani. Bermodalkan tiket masuk seharga Rp 2.000 saja, kamu bebas menikmati keindahan Pusuk Sembalun.

Seperti menyaksikan garangnya keindahan tebing curam yang ada. Selain itu, kamu juga bebas berjalan-jalan di Lembah Sembalun, Bukit Pengasingan, Bukit Nanggi, Bukit Selong, dan Bukit Anak Dara yang ada di dalamya.

Loading Instagram...

Untuk kamu yang berada di Mataram, kamu bisa menaiki mobil selama 2,5 jam untuk bisa sampai di tempat ini.

4. Air Terjun Mangku Sakti dan Mangku Kodek

Loading Instagram...

Kedua air terjun favorit ini berjarak 50 kilometer dari pusat Kota Selong. Sedangkan jika kamu memulai perjalanan dari Mataram, kamu harus berkendara selama dua jam. Lebih senang lagi jika kamu sudah berada di Sembalun, karena hanya membutuhkan waktu perjalanan setengah jam saja.

Setibanya di lokasi persimpangan Air Terjun Mangku Sakti, kamu harus menggunakan motor karena mobil tak lagi bisa menjangkau jalan kecil yang berbatu. Untuk memandu perjalanan kamu menuju air terjun ini, kamu bisa menemui PAPAR (Pemuda Adat Peduli Alam Rinjani).

Loading Instagram...

Untuk menyewa motor, kamj harus merogoh kocek sekitar Rp 50 ribuan. Harga ini sudah termasuk biaya perjalanan pulang-pergi sejauh 6 kilometer dan panduan selama di sana.

Setelahnya, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berkalan kaki atau trekking melalui bebatuan bukit yang cukup terjal untuk bisa sampai di sana.

Setibanya di Mangku Sakti, seluruh penat akan hilang tersapu oleh segarnya air belerang dari air terjun. Air jernihnya yang berwarna biru dipercaya memiliki khasiat baik bagi kesehatan kulit kamu.

Dengan banyak spot yang super Instagramable untuk berfoto, masih meragukan keindahan kedua air terjun tersembunyi ini?

5. Rumah Adat Desa Beleq

Loading Instagram...

Jika berkunjung ke Sembalun, tentu tak lengkap rasanya jika tak menyambangi rumah adat desa setempat. Kunjungan ke Desa Beleq wajib untuk kamu selipkan dalam agenda perjalanan kamu.

Rumah adat ini merupakan peninggalan leluhur masyarakat Sembalun. Warisan ini dijaga ketat demi mengenang arwah leluhur yang wafat akibat letusan Gunung Rinjani 2009 silam.

Loading Instagram...

Ada tujuh rumah adat, dua geleng (sejenis gudang penyimpanan barang), dan satu bale malang atau tempat ibadah yang masih berdiri dengan gagah. Seluruh atapnya tebuat dari jerami, sedangkan lantainya dari campuran tanah liat, jerami, dan kotoran kerbau yang mengeras.

Tepat di sebelah rumah adat, terhampar keindahan pemandangan sawah dan Bukit Selong yang dijamin mampu membuat kamu rileks. Sempurna untuk dijadikan sebagai tempat berfoto!

Tertarik berkunjung ke Sembalun? Kamu bisa mengikuti kumparan Getaway ke Sembalun selama 4 hari 3 malam. Di sana, kumparan, kamu, dan komunitas pemuda pemudi lokal bisa melihat menjelajahi daerah eksotis di kaki Gunung Rinjani sekaligus berbaur dengan penduduk setempat. Simak info selengkapnya di sini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63