• 1

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit

7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Kulit


Flek hitam

Ilustrasi adanya flek hitam di wajah (Foto: Thinkstock)
Saat bertemu orang lain, wajah merupakan bagian tubuh yang pertama kali dilihat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit wajah jadi hal yang penting untuk dilakukan. Tak hanya perempuan, kaum adam pun wajib menaruh perhatian terhadap hal yang satu ini.
Upaya yang paling mudah untuk dilakukan adalah rajin mencuci muka menggunakan sabun yang tepat. Selain itu, menggunakan sunscreen dan pelembap juga harus dijadikan sebagai rutinitas harian.
Selain rajin melakukan perawatan, kamu juga perlu menghindari sejumlah kebiasaan buruk yang berpotensi merusak kulit. Berikut ini, kumparan (kumparan.com) merangkum sederet kebiasaan buruk yang berdampak negatif terhadap kesehatan kulit. Apa saja?
1. Tidur dengan Makeup

Posisi Tidur

Posisi tidur pengaruhi kecantikan kulit (Foto: Thinkstock)
Pernahkah kamu tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah?
Ini merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik bagi kulit. Dilansir Boldsky, beberapa item make up yang kamu gunakan seringkali dikemas dengan bahan kimia yang menutup pori-pori. Ini membuat kulit jadi kesulitan bernafas.
Padahal, tidur merupakan momen kulit beristirahat dan bernafas secara maksimal. Jika kamu malas menghapus makeup sebelum tidur, maka jangan heran jika kulit ditumbuhi jerawat.
2. Membersihkan Kulit Wajah Secara Berlebihan

Wajah 1

Membersihkan makeup (Foto: Thinkstock)
Membersihkan kulit wajah memang suatu keharusan. Namun, jika dilakukan berlebihan justru mendatangkan efek buruk.
Mencuci muka terlalu sering bisa menghambat produksi minyak alami wajah, sehingga kulit jadi kering dan sensitif. Untuk menghindarinya, biasakan saja mencuci wajah tidak lebih dari dua kali sehari.
3. Memencet Jerawat

Hati-hati pecahkan jerawat.

Hati-hati pecahkan jerawat. (Foto: Thinkstock)
Memencet jerawat yang sedang ranum-ranumnya mungkin tampak seperti jalan pintas untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Namun,hal tersebut dapat menyebabkan infeksi parah. Bersabarlah, obati jerawat secara perlahan dengan menggunakan krim anti jerawat.
4. Mengabaikan Area Kulit di Sekitar Mata

Skin around eye

Skin around eye (Foto: Thinkstock)
Kebanyakan perempuan lupa memperhatikan area yang satu ini. Padahal, area kantong mata memiliki lapisan kulit yang lebih tipis dibanding lainnya. Oleh karena itu pastikan kamu merawat dan membersihkan kulit di area mata dengan baik, ya!
5. Tidak Menggunakan Sunscreen

foundation 1

Menggunakan Pelembab Wajah (Foto: thinkstock)
Banyak perempuan Indonesia yang malas menggunakan sunscreen saat bepergian ke luar rumah. Padahal, kulit butuh perlindungan dari paparan matahari yang mengandung UVA dan UVB. Jika tak mau bermasalah dengan flek hitam dan kerutan, coba untuk membiasakan diri menggunakan sunblock sebelum makeup
6. Menggunakan Terlalu Banyak Skincare

Hidrasi

lakukan gerakan menepuk wajah (Foto: Thinkstock)
Pernah dengar ungkapan 'segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik'? Hal ini juga berlaku dalam dunia kecantikan.
Menggunakan terlalu banyak skincare bisa jadi bumerang bagi kesehatan kulit. Dibanding menggunakan terlalu banyak produk, cukup gunakan beberapa skincare yang benar-benar kamu butuhkan untuk memastikan kulitmu tetap sehat dan cerah.
7. Melupakan Area Leher

Leher

Leher (Foto: Thinkstock)
Bagian leher memang seringkali luput dari perhatian. Padahal, area leher juga membutuhkan perhatian yang sama banyaknya. Hal ini dapat menyebabkan kulit di leher mengalami penuaan dini dan dapat terlihat lebih gelap dari kulit wajahmu.
Jadi, jangan abaikan kesehatan kulit, ya!

LifestyleBeautyMakeupTips

presentation
500

Baca Lainnya