kumparan
9 Mar 2017 10:16 WIB

Bagaimana Cara Mengolah Buah yang Benar Agar Nutrisinya Tidak Hilang?

Buah plum yang diolah menjadi selai. (Foto: Thinkstock)
Apakah selama ini kalian telah merasakan manfaat dari buah dan sayuran yang kalian makan? Jika kalian belum merasakannya, mungkin pengolahan buah dan sayur yang selama ini kalian terapkan kurang tepat.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapatkan manfaat yang utuh, kita harus mengolah buah dan sayuran yang kita makan dengan pengolahan yang tepat. Chef Yuda Bustara menjelaskan bahwa pengolahan yang salah bisa menghilangkan nutrisi dalam buah.
Ia kemudian mendemonstrasikan buah nectarine yang dibakar lalu diberi topping mascarpone dan blue cheese sebagai hidangan pelengkap steak sirloin. Lantas apakah buah nectarine tersebut sudah tidak ada kandungan nutrisinya lagi?
Chef Yuda Bustara saat mengolah hidangan (Foto: Luthfa Nurridha/Kumparan)
Pria 30 tahun ini menerangkan bahwa buah nectarine yang ia bakar tidak akan menghilangkan nutrisi pada buah tersebut karena dibakar dengan waktu yang sebentar dan suhu yang tepat sehingga nutrisi buah akan tetap terjaga.
Perpaduan buah dengan daging sirloin adalah gaya baru dalam memakan steak di Indonesia, namun sudah menjadi hal biasa jika kamu berkunjung ke Australia. Pada demo masaknya kali ini, chef Yuda juga ingin memperkenalkan ke masyarakat Indonesia bahwa memakan buah bisa dalam bentuk apa saja, termasuk sajian unik ini. 
Sirloin with Chimichuri (Foto: Luthfa Nurridha/Kumparan)
Untuk hidangan kedua, chef Yuda membuat sajian penutup yaitu Pavlova with Plum Sauce. Pavlova adalah jenis meringue asal Italia yang sudah menjadi kudapan favorit warga Australia. Terbuat dari gula pasir dan putih telur, pavlova disajikan dengan siraman saus plum yang manis asam menyegarkan.
Pavlova with Plum Sauce (Foto: Luthfa Nurridha/Kumparan)
Aroma wangi dari pavlova membuat siapapun ingin langsung menyantapnya. Saus plum sebagai topping dibuat dari buah plum yang dimasak dengan gula dan sirup maple serta ditambahkan sedikit selai stroberi untuk menambah cita rasanya. Buah plum yang dimasak dengan suhu dan waktu yang pas tidak akan menghilangkan vitamin pada buah ini. 
ADVERTISEMENT
Selain pengolahan yang tepat, penyimpanan buah musim panas atau buah berkulit tipis juga perlu diperhatikan. Chef Yuda juga menyarankan agar buah yang telah dipotong sebaiknya langsung dikonsumsi agar tidak teroksidasi sehingga menyebabkan warna buah berubah kecoklatan.
Buah yang tidak langsung dihabiskan bisa disimpan di kontainer dan ditutup rapat di dalam lemari pendingin agar nutrisi dalam buah tetap terjaga. Jadi, simpan dan olah buah dengan tepat agar kamu bisa merasakan manfaat dari buah yang kamu makan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan