• 4

Berkunjung ke Saumlaki Tidak Sah Jika Belum Cicipi 4 Kuliner Khas Ini

Berkunjung ke Saumlaki Tidak Sah Jika Belum Cicipi 4 Kuliner Khas Ini


Papeda

Papeda, makanan Indonesia Timur (Foto: @katongronda/Instagram)
Meski belum sepopuler Raja Ampat dan Wakatobi, pesona yang dimiliki oleh Saumlaki tak bisa dianggap remeh. Kota cantik yang terletak di Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara Barat, ini memiliki keindahan pantai yang murni dan indah.
Jika berkunjung ke kota ini, kamu bisa memuaskan kecintaan terhadap laut dengan mengunjungi aneka pantai yang ada. Seperti Pantai Weluan di Desa Olilit, Pantai Kelyar, Pantai Eliasa, hingga Pantai Sifnana.
Jernihnya air dan putihnya pasir laut dijamin mampu membuat kamu menahan napas akibat terpesona.
Namun pengalaman berlibur ke Saumlaki tentunya tak lengkap jika kamu belum mencicipi kelezatan kuliner wilayah setempat. Kota kecil yang satu ini terkenal akan kesegaran ikan dan seafoodnya. Wajib untuk dicoba!
Selain manisnya daging ikan segar, masih ada banyak makanan khas Saumlaki lainnya yang bisa kamu cicipi. Sejatinya, kuliner Saumlaki tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Manado. Apa saja, sih?
1. Sambal Colo-colo hingga kering
Jika di Manado ada sambal dabu-dabu, di Maluku ada sambal colo-colo. Sambal khas Maluku ini sejatinya memiliki rasa pedas yang segar, sehingga disantap sebagai pelengkap ikan bakar.
Sambal colo-colo terbuat dari campuran cabai rawit merah dan hijau, tomat hijau, bawang merah, jeruk lemon cui, gula pasir, daun kemangi, dan garam. Rasa segar dan gurihnya dijamin mampu menggoyang lidah kamu!
2. Ikan Komu Asar
Ikan yang satu ini bisa dikatakan sebagai ikon dari Ambon dan Maluku. Dalam bahasa Indonesia, 'asar' berarti 'asap'.
Jadi, ikan komu asar merupakan ikan yang dimasak dengan cara diasap atau dibakar hingga kering. Biasanya, ikan ini dimasak dengan cara ditusuk menggunakan bambu. Harga ikan yang dijajakan biasanya cukup terjangkau, mulai dari Rp 30 - Rp 50 ribuan. Dipadukan dengan sambal colo-colo dan nasi panas, kamu dijamin ketagihan akan rasa nikmatnya.
3. Kasuami
Kasuami merupakan kuliner khas Saumlaki yang terbuat dari singkong parut yang diperas hingga keluar airnya. Singkong parut tersebut kemudian dipadatkan dan dibentuk menyerupai kerucut.
Kerucut berisi singkong ini kemudian dikukus hingga menguarkan aroma wangi yang menggoda. Manis dan lezat! Kasuami sendiri biasanya disajikan berdampingan dengan ikan bakar panas. Kamu wajib coba!
4. Papeda
Bening dan lengket. Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan makanan khas Timur yang satu ini: papeda.
Papeda merupakan sagu yang diolah menyerupai bubur bening yang lengket. Teksturnya sangat mirip dengan lem dan memiliki rasa yang hambar. Biasanya, papeda disantap menggunakan kuah ikan kuning.
Cara menyantapnya pun terbilang unik. Kamu akan diberi dua sumpit yang berfungsi untuk melilit papeda agar menempel sempurna. Setelahnya, kamu akan memindahkan papeda secukupnya ke dalam mangkuk untuk disiram dengan menggunakan kuah ikan kuning.
Untuk bisa menikmati kelezatan papeda secara maksimal, kamu harus menyeruput papeda bersama kuahnya dalam sekali tarik tanpa terputus.
---
Kamu tertarik untuk pergi ke Saumlaki? Yuk ikut kumparan getaway ke Saumlaki, Maluku Tenggara Barat selama 4 hari 3 malam gratis! Seperti apa caranya? Cek di kuis kumparan ini ya. Selamat mencoba!

LifestyleSaumlakiKuis kumparankumparan GetawayKuliner

500

Baca Lainnya