Pencarian populer

MAAT Golden Ratio Search Temukan 10 Wanita Tercantik di Asia Pasifik

MAAT Golden Ratio Search (Foto: Stephanie Elia/kumparan)

Ajang pencarian wajah paling proporsional, MAAT Golden Ratio Search, telah selesai digelar. Ajang pencarian wajah paling proporsiona yang digelar di Bangkok ini akhirnya menemukan 10 pemenang dari 10 negara berbeda di Asia Pasifik.

Mitania Hendayani (32) pun sukses dinobatkan sebagai perempuan berwajah paling proporsional di Indonesia. Wajahnya dinilai paling mendekati aspek Golden Ratio atau rumus keproporsionalan wajah manusia.

Gelar yang sama juga disematkan pada sembilan kontestan Asia Pasifik terpilih lainnya.

Yaitu Michelle Lai (21) asal Hong Kong, Noorin Sha (27) asal India, Jimyeong Jeong (30) asal Korea Selatan, Salini Murniandy (29) asal Malaysia, Tricia May Duncan (21) asal Filipina, dan Nurun Nisha (29) asal Singapura. Selain itu juga ada Wendy Tzu-Wen Hsu (29) asal Taiwan, Panida Paopongrattanachai (22) dari Thailand, dan Nguyen Thi Phuong Tuyet (24) asli Vietnam.

10 Perempuan Golden Ratio Asia (Foto: MERZ)

Kesepuluh pemenang ini terpilih di antara lebih dari 3000 peserta seluruh Asia. Seluruh kontestan diminta mengirimkan foto wajah polos dari berbagai sisi. Satu-satunya syarat yang harus dipenuhi adalah belum pernah menjalani prosedur bedah kosmetik apapun sebelumnya. Tampilan wajah harus asli dan alami.

Golden ratio sendiri merupakan teori yang mengukur kecantikan wajah berdasarkan perhitungan matematika. Semakin proporsional stuktur wajah seseorang, maka semakin dekat pula ia dengan Golden Ratio.

Perhitungan yang dipakai adalah perbandingan 1:168:1. Rumus ini dipakai untuk mengukur panjang dan lebar wajah yang kamu miliki.

"Wajah yang estetik adalah yang hitungannya simetris. Bagian atas tengah dan bawahnya simetris,”ujar dr. Kevin A. Maharis, BMedSc, DipDerm (UK), saat ditemui kumparan (kumparan.com) di Brewerkz Bar & Grill, Senayan City, Selasa (5/11).

“Panjang wajah dari hairline sampai dagu dibanding dengan kelebaran wajah dari tulang pipi, kalau rasionya 1:168 akan kelihatan lebih bagus, estetik,” sambungnya lagi.

Dan dari ke-38 kontestan Indonesia lainnya, Mitania Hendayani dinilai memiliki skor wajah paling tinggi. Miya, begitu sapaan akrabnya, terpilih karena dirasa memiliki wajah yang merepresentasikan Indonesia.

Menjadi perempuan dengan wajah paling proporsional di Indonesia, Miya pun mengungkapkan perasaannya. "Senang. Senang banget ya dan baru tahu kalau wajah juga ada hitungannya," ujarnya.

Perempuan Golden Ratio Indonesia. (Foto: Stephanie Elia/kumparan)

"Nanti, masing-masing pemenang bakal dijadiin sebagai acuan, role model oleh dokter-dokter kecantikan sebagai patokan wajah yang ideal itu seperti apa," jelasnya lagi.

MAAT Golden Ratio Search digelar sejak 1 Juli 2017 dan berakhir pada 30 September 2017 lalu. Setiap pemenang dari masing-masing negara akan dikumpulkan untuk mengikuti kongres kecantikan di Bangkok, Thailand. Pertemuan Tahunan ke-38 International Society for Dermatological Surgery (ISDS) ini dilangsungkan pada 8-12 November 2017.

Selamat untuk Mitania Hendayani!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57