• 3

Mengunyah Permen Mint Ternyata Bisa Membuat Bau Mulut Tak Sedap

Mengunyah Permen Mint Ternyata Bisa Membuat Bau Mulut Tak Sedap


Ilustrasi bau mulut

Ilustrasi bau mulut (Foto: Thinkstock)
Pernahkah kamu merasa memiliki nafas yang tak sedap dan orang lain mulai menjaga jarak saat berbicara kepadamu?
Saat menyadari hal tersebut, biasanya orang secara otomatus akan buru-buru mencari permen mint agar nafasnya segar kembali.
Permen mint memang bisa ‘memperbaiki’ aroma nafasmu, namun itu hanya ampuh untuk waktu sesaat. Alih-alih membuat nafas jadi segar, mengunyah permen mint ternyata bisa membuat bau nafas memburuk. Mengapa bisa?
Dilansir Metro, jawabannya ternyata terdapat di kandungan gula yang ada di permen tersebut.
Saat kamu mengunyah permen manis dengan aroma mint, di dalam mulut akan terbentuk suatu reaksi kimia yang membuat bakteri alami di dalamnya mengubah gula menjadi asam. Karena proses tersebut, tak hanya membuat gigi rusak, juga bisa menyebabkan bau tak sedap.

Masalah gigi dan mulut

Masalah gigi dan mulut (Foto: Thinkstock)
“Kebanyakan permen mint memiliki kandungan gula di dalamnya. Gula tersebut justru seolah memberi makan bakteri-bakteri dalam mulut, yang menyebabkan halitosis,” jelas Dr Raha Sepehrara, seorang dokter gigi dari Inggris.
Namun, jika kamu tetap ingin mengkonsumsi permen mint, Dr Raha, menyarankan agar perhatikan komposisi yang ada di dalamnya. Carilah permen yang bebas gula.
Meski demikian, hal itu tidak akan bertahan lama. Permen mint tanpa gula hanya bersifat sementara. Apabila bau mulut itu sangat mengganggu, kamu harus menemui dokter gigi untuk mengetahui sumbernya.
“Coba temui dokter gigi apabila bau nafas sulit dihilangkan. Sehingga, kamu bisa mengecek masalah kesehatan mulutmu,” jelas Dr Raha.
Terdapat banyak kasus mengapa seseorang bisa memiliki bau nafas yang tak sedap. Hal itu bisa disebabkan oleh dehidrasi, malnutrition, penyakit gusi, plaque gigi atau bakteri yang ada di mulut.
Tak hanya periksakan ke dokter, kamu juga harus rutin mengatasi kebersihan gigi dan gusimu. Rutinlah menggosok gigi dan makan makanan yang sehat.

Masalah gigi dan mulut

Masalah gigi dan mulut (Foto: Thinkstock)


LifestyleHealthKesehatan Mulut Kesehatan

presentation
500

Baca Lainnya